Sukses

Penyebab Nyeri Dada

07 Sep 2015, 11:13 WIB
Wanita, 19 tahun.

maaf dok, akhir-akhir ini saya sering sakit pda bagian dada sampai ke pinggang. rasanya seperti tertusuk durii. saya mau tanya apa penyebabnya itu dan apa itu dapat beresiko dgn penyakit yang serius..? dan banagaimana cara mengatasinya... terimakasih

Ibu/Saudari yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan e-konsultasi KlikDokter.

 

Halo! Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda. Terdapat banyak penyebab lain yang dapat menimbulkan keluhan sakit dada seperti adanya kelainan pada kulit dada, otot, tulang, jantung, paru ataupun saluran pencernaan. Dilihat dari usia Anda yang masih muda, maka kecil kemungkinannya bahwa sakit dada yang Anda derita disebabkan oleh serangan jantung. Namun, jika ada riwayat trauma maka mungkin saja terdapat masalah pada otot dan persendian.  

 

 

 

Nyeri dada yang Anda alami bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis.

 

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

 

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

 

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, adanya rasa terbakar pada daerah dada dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.

 

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

 

Saat ini kami menyarankan Anda mengunjungi dokter penyakit dalam terlebih dahulu untuk pemeriksaan menyeluruh untuk mengetahui dan memastikan apakah keluhan Anda benar disebabkan karena gangguan pada saluran pencernaan atau gangguan lainnya. Jika ya, maka Anda dapat memperoleh penanganan yang sesuai.

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar