Sukses

Kehitaman Kulit pada Kehamilan

07 Sep 2015, 11:19 WIB
Wanita, 20 tahun.

salam dok, saya ingin bertanya. sepupu saya sedang hamil anak pertama. ketika trimester pertamanya hal-hal yg dialaminya selumrahnya orang hamil. namun, hal aneh yg sepupu saya rasakan ketika usia kandungannya 6 bulan muncul benjolan-benjolan kecil hitam lumayan banyak di wajahnya, awalnya di kira jerawat. akan tetapi semakin hari benjolan hitam itu semakin banyak dan semakin banyak hingga ke seluruh tubuhnya sampai kaki. hingga skrg khmilan udh 8 bln blom hilang juga. kira-kira apa penyebabnya ya dok ? akankah benjolan hitam itu bisa hilang ? mohon bantuannya, terimakasih.

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Halo! Salam kami untuk sepupu Anda. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda. Apakah yang terjadi berupa benjolan atau flek/noda kehitaman pada kulit? Keluhan flek hitam di wajah yang muncul saat kehamilan dikenal juga sebagai "Topeng Kehamilan" atau dalam istilah medis disebut sebagai melasma gravidarum atau chloasma. Hal ini merupakan hal yang lumrah dan sering terjadi pada ibu hamil. Hampir 50% ibu hamil mengalami gejala melasma.

Flek-flek hitam-kecoklatan pada wajah saat kehamilan dapat muncul di bibir bagian atas, hidung, tulang pipi dan jidat. Terutama bagian wajah yang mudah terpapar sinar matahari. Melasma gravidarum dipicu oleh perubahan hormonal yang terjadi selama masa kehamilan yang menyebabkan peningkatkan produksi melanin tubuh secara temporer (sementara). Melanin merupakan substansi alami yang memberikan warna pada rambut, kulit dan mata. 

Area yang mengalami hiperpigmentasi biasanya akan berangsur-angsur memudar dan kembali normal dalam beberapa bulan setelah melahirkan. Pada sebagian kecil wanita bekas coklat-kehitaman ada yang tidak hilang secara sempurna.

Bagaimana cara mencegah & meminimalisir topeng kehamilan?

Untuk mencegahnya sebaiknya menggunakan tabir surya setiap akan berpergian keluar rumah dengan sedikitnya SPF 15, akan lebih baik jika ber SPF 30. Juga dapat menggunakan topi untuk menutupi wajah dari pajanan sinar matahari. Sinar UV dari matahari meningkatkan kemungkinan munculnya flek hitam di wajah. Pada saat hamil kulit menjadi ekstra sensitif sebaiknya gunakan pembersih muka dan krim wajah yang tidak mengiritasi karena iritasi wajah hanya akan memperburuk gejala.

Urungkan pula niat untuk menggunakan pemutih wajah, karena kondisi ini disebabkan oleh peningkatan hormon saat kehamilan sehingga setelah melahirkan kulit akan dapat kembali normal.

 

Saat ini, kami sarankan agar sepupu Anda untuk berkonsultasi ke dokter kulit dan kelamin sebelum menggunakan obat-obatan pada wajah terlebih saat ini sepupu Anda sedang dalam kondisi hamil. Perlu dipastikan terlebih dahulu kondisi yang dialami oleh sepupu Anda. Terlebih keluhan juga sebenarnya terjadi di hampir seluruh tubuh. Setelah diagnosis dapat ditegakkan maka sepupu Anda dapat memperoleh penanganan yang tepat.

 

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam sehat selalu,

 

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar