Sukses

Mengatasi Bintitan pada Mata

07 Sep 2015, 10:11 WIB
Pria, 35 tahun.

Dok, sy terkena bintitan terhitung sudah 4 minggu. Awalnya sempat membesar benjolan, tapi tidak terlalu merah. Kemudian mengempes, setelah saya oles bawang putih. Tidak gatal dan sakit cuma benjolan masih terlihat walaupun tidak terlalu besar, dan tidak pernah membesar, ataupun terasa sakit, tapi mengapa tidak juga hilang? Apakah bisa disembuhkan? terimakasih

Bapak/Saudara yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Halo! Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda. Penyebab tersering terjadinya keluhan pada kelopak mata atas adalah hordeolum, atau dikenal juga dengan istilah bintitan. Hordeolum terjadi akibat adanya infeksi bakteri yang menyerang kelenjar minyak di kelopak mata. Biasanya hordeolum ini berisi nanah. Bila bertambah besar, akan menyebabkan menjadi sulit untuk melihat jelas, karena tidak dapat membuka mata secara optimal. 

 

Hordeolum biasanya akan sembuh sendiri secara spontan. Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda dapat memberikan kompres hangat pada mata sebanyak 3-4x/hari, selama kurang lebih 10-15 menit. Lakukanlah kompres secara teratur. Jika tidak terlihat adanya perbaikan dalam 48 jam setelah dikompres, kunjungilah dokter mata untuk diberikan terapi tambahan atau untuk dilakukan insisi (pengeluaran nanah yang terdapat di dalam kelenjar). Namun, jika sudah terlihat adanya tanda-tanda perbaikan hanya dengan pemberian kompres hangat, Anda dapat melanjutkan terapi tersebut hingga bintitan tersebut sembuh. Untuk mencegah kekambuhan maka menjaga kebersihan mata akan sangat membantu.

 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam mata sehat,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar