Sukses

Penanganan Kolesterol

06 Sep 2015, 06:25 WIB
Pria, 52 tahun.

Selamat pagi dok. Saya ingin bertanya, kemarin ketika ayah saya melakukan medical check di lab. Hasilnya menunjukkan bahwa beliau memliki kolesterol 228 mg/dL dan trigliserida 296 mg/dL. Bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi tersebut dok? Misalkan pola makan sehat, makanan apa saja yang dokter sarankan dan makanan apa saja yang konsumsinya dikurangi ataupun dihentikan? Serta bagaimana terapi non-farmakologisnya? Terimakasih atas waktunya, semoga dokter memiliki waktu untuk menjawab.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami perasaan Anda. Izinkan kami menjelaskan tentang kadar trigliserid dan kolesterol.

Trigliserid sebenarnya adalah salah satu komponen lemak yang ada di dalam darah. Tubuh memakainya sebagai energi. Dalam kadar normal (<150 mg/dL), trigliserida baik untuk tubuh. Namun jika berlebihan akan berdampak buruk seperti meningkatkan risiko penyakit jantung dan sindrom metabolik,suatu kumpulan risiko penyakit yang menandakan adanya risiko tinggi penyakit jantung. 

Umumnya trigliserid tinggi pada keadaan:

  • overweight
  • tidak aktif/kurang bergerak
  • senang minum alkohol
  • merokok
  • seringkali mengonsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi karbohidrat terutama karbohidrat yang kurang serat.
  • penyakit diabetes, penyakit ginjal, tiroid, dan masalah genetik.  
  • konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat kanker tamoxifen, steroid, beta bloker, diuretik, estrogen, pil KB

Kami sarankan agar Anda segera memeriksakan diri untuk pemeriksaan gula darah untuk mengetahui adanya kemungkinan diabetes dan pemeriksaan tekanan darah. Selain itu kombinasikan pengobatan dengan menjaga berat badan menjadi ideal (berdasarkan perhitungan berat badan ideal, berat badan Anda tergolong overweight), membatasi lemak dan gula pada makanan, menjadi lebih aktif dan giat berolah raga, berhenti merokok, dan membatasi alkohol. Karena yang paling utama adalah menjaga pola hidup, sedangkan obat-obatan hanyalah untuk membantu saja.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar