Sukses

Rhinitis Alergi

09 Sep 2015, 15:18 WIB
Pria, 24 tahun.

dokter saya mau tanya,, selain ciri-ciri dengan gejala yang dimaksud untuk alergi hidung, apa kalau pada pagi hari saya kedinginan dokter dan kadang ujung jari-jari saya memerah bahkan gatal, apalagi kalau kena air. apa itu juga gejala alergi hidung (rhinitis alergi)? dan apa solusinya sama dengan artikel tentang alergi hidung?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Rinitis alergi tidak dapat disembuhkan total namun dapat dikontrol. Penyebab rinitis alergi paling sering di Indonesia adalah alergen (zat pencetus alergi) inhalan yaitu alergen yang masuk ke dalam tubuh dengan cara dihirup atau melalui saluran napas. Alergen yang paling sering ditemukan pada rinitis alergi di Indonesia atau negara tropis pada umumnya adalah tungau debu rumah, bulu binatang, dan kecoak. Alergen makanan sangat jarang menjadi pencetus rinitis alergi.

Penentuan alergen penyebab rinitis alergi dapat dilakukan melalui riwayat penyakit dan dapat didukung dengan tes alergi baik melalui darah atau pun tes kulit. Hal yang harus diperhatikan selain alergen adalah masalah polutan seperti asap rokok yang dapat merusak saluran napas. Polutan dapat memperberat penyakit alergi di saluran napas seperti asma dan rinitis alergi. 

Terapi yang dapat dilakukan antara lain :

· Dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab, misal Anda alergi debu berarti debu sebagai pencetus terjadinya alergi. Anda dapat menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari paparan debu.

· Pengobatan, dengan menggunakan obat anti alergi golongan antihistamin H-1, yaitu obat yang sering dipakai sebagai lini pertama dalam pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat golongan kortikosteroid dipilih jika tidak berhasil diatasi oleh obat lain.

Pemberian obat-obatan dalam mengobati rhinitis alergi sebaiknya selalu berada di bawah pantauan dokter untuk menghindari efek samping yang dapat ditimbulkan akibat penggunaan obat yang tidak sesuai. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai penyakit ini, Anda dapat membaca artikel kami yang berjudul Rinitis Alergi.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar