Sukses

Keton Darah pada Diebetes Artinya Apa?

02 Oct 2015, 01:19 WIB
Wanita, 53 tahun.

dok, mohon bantuannya, saya kurang paham dengan hasil tes gula darah ayah saya bbrapa minggu lalu hasilnya 360 dan ada keterangan KETONES pada alat tes yang kami gunakan d rumah, mohon bantuannya kenapa sampai ada ketrangan ketones pada hasil tes, dan apa tndak lanjut yg harus kami lakukan?terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi tanya dokter di Klikdokter.com

Badan keton merupakan tiga senyawa yang diproduksi ketika asam lemak dipecah untuk energi dalam hati dan ginjal, larut dalam air. Ketiga jenis badan keton – asam asetoasetat, asam beta-hidroksibutirat, dan aseton – dilepaskan ke dalam aliran darah setelah metabolisme terjadi. Asam asetoasetat dan asam beta-hidroksibutirat digunakan untuk bahan bakar otak dan otot, tapi tubuh tidak dapat memecah aseton dan karena itu mengeluarkannya dalam urin. Aseton atau badan keton berlebih dalam darah dan urin dapat menjadi tanda dari penyakit metabolisme yang serius.

Kadar keton yang tinggi pada penderita diabetes melitus dapat sangat berbahaya dan berpotensi kepada kondisi yang mengancam yang disebut diabetes ketoasidosis. Kadar keton dapat dinilai dengan pemeriksaan laboratorium, yaitu dengan keton darah atau keton urin. Jika kadar keton di atas normal pada penderita DM disebut ketosis DM. Sedangkan keton yang tinggi dan menyebabkan pH darah turun disebut ketoasidosi DM, hal ini sangat berbahaya dan memerlukan penanganan secepat mungkin karena bisa menyebabkan koma sampai kematian.

Yang selanjutnya harus Anda lakukan adalah segera memeriksakan ayah Anda ke dokter untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut demi mencegah terjadi komplikasi yang lebih serius.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar