Sukses

Kaki Kesemutan

09 Sep 2015, 11:21 WIB
Pria, 30 tahun.

Salam sehat...saya mau tanya dok. bapak saya umur 58 kakinya sering kesemutan kalo di periksa ke dokter ada yg bilang asam urat dan ada yg bilang rheumatik.Asam uratnya masih batas normal.Mohon pencerahannya dok soalnya sudah minum obat tapi blm sembuh juga.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Keluhan kaki  kesemutan sesungguhnya merupakah keluhan yang tidak khas, dan bisa merujuk pada berbagai macam penyakit. Sayangnya tidak dapat dilakukan pemeriksaan langsung untuk mencocokkan gejala yang bapak Anda rasakan dengan temuan kelainan pada persarafan dan otot kaki. 

Sebagai informasi, penyebab kaki kesemutan sangat bervariasi. Kesemutan merupakan keluhan yang pernah dialami oleh semua orang. Biasanya kesemutan terjadi saat tubuh terlalu lama diam, atau berada dalam suatu posisi tertentu, sehingga aliran darah ke daerah tersebut (misal ke arah tangan anda) menjadi terhambat dan timbul keluhan kesemutan. Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Keluhan tersebut akan berangsur-angsur menghilang dengan menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kesemutan sehingga aliran darah kembali lancar ke daerah tersebut.

Terdapat beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya kesemutan, baik kesemutan yang bersifat sementara ataupun kesemutan yang berlangsung jangka panjang (kronis). Baberapa hal yang dapat menimbulkan kesemutan yang sementara antara lain adalah :

  • penekanan saraf yang berlangsung lama (seperti saat tidur, duduk bersila, dll). Apakh Anda menjalani sesi latihan yang padat? Ada kemungkinan bahwa frekuensi latihan Anda yang begitu berat mengganggu kelancaran aliran saraf sehingga menyebabkan perasaan kesemutan dan ngilu. Gejala kelemahan otot juga menunjang hal ini, tentunya otot yang terus menerus digunakan bekerja akan mengalami penumpukan asam laktat yang memberikan gejala lemas. Bila memang kemungkinan gejala ini berkaitan dengan frekuensi latihan Anda, maka kami sarankan agar Anda melakukan pemanasan sebelum bermain drum dalam jangka waktu lama. Selain itu, latihlah otot tubuh Anda melalui olahraga/ fitness rutin agar otot tersebut memiliki stamina yang baik dan kuat beraktivitas dalam waktu lama. Bila Anda sedang mencoba meningkatkan lama permainan Anda (misalnya dari sebelumnya 5 jam menjadi 8 jam) maka saran kami lakukanlah dengan perlahan dan bertahap (jangan meningkat drastis dan tiba-tiba). Massage/ pemijatan akan membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi gejala ngilu maupun kesemutan. Terakhir, perbanyaklah istirahat setelah berlatih.
  • cedera atau trauma saraf
  • frekuensi napas cepat
  • serangan panik
  • dehidrasi (kurang cairan)
  • kekurangan suplai darah pada tempat kesemutan
  • dsb

Kami sarankan Anda membawa bapak untuk berkonsultasi dengan dokter  untuk mencari penyebab pasti keluhan bapak Anda melalui pemeriksaan langsung yang terdiri dari wawancara medis yang lengkap, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang mungkin diperlukan. Untuk sementara, bapak Anda dapat melakukan saran-saran yang telah kami sebutkan diatas, ditambah stretching(peregangan otot), mengkonsumsi multivitamin B kompleks, kalsium, dan massage untuk mengurangi keluhan. Akan tetapi, kami sangat menyarankan agar bapak Anda segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan sesuai penyebab.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar