Sukses

Batuk Terutama Malam Hari

04 Sep 2015, 15:28 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, sy bbrp hari ini batuk tp batuknya hilang timbul, timbul terutama malam-pag. sampai sering terbangun ketika tidur. Batuknya tidak berdahak tp terasa tidak nyaman di dada spt ada yg mengganjal. kadang tiba2 siang hari jg batuk2 mendadak tp bisa reda sendiri. Batuk spt itu sdh sering sy alami. Itu batuk apa ya dok? Apa yg hrs di lakukan utk mencegah biar tdk sering timbul?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Beberapa alasan mengapa batuk lebih parah saat malam hari:

1. Gravitasi 
“Ini adalah sebab terbesar mengapa batuk kita terasa lebih berat di malam hari,” kata Mitchell Blass, MD, ahli penyakit infeksi di Saint Joseph’s Hospital di Atlanta, seperti di kutip dari lamaneverydayhealth. 

“Ketika kita merebahkan tubuh, refleks gastroesofageal tertekan masuk  ke dalam karena secara otomatis dan lendir jadi terkumpul,” kata Blass. Cara terbaik untuk melawannya adalah dengan melawan gravitasi dengan menaikkan bagian atas tubuh lebih tinggi sedikit saat terbaring. 

“Tidurlah dengan tumpukan bantal yang sedikit lebih tinggi di bagian kepala. Ini akan mencegah dari pengumpulan mucus di belakang tenggorokan.” 

2. Lingkungan ruangan yang kering 
Udara yang kering bisa memicu hidung dan tenggorokan yang terlanjur  iritasi, dan memicu batuk jadi muncul lebih parah. Anda bisa mencoba alat pelembab ruangan untuk lebih mudah bernafas.

Tapi pastikan dipasang dalam kadar yang moderat. “Pengatur kelembaban udara tak selamanya aman,” kata Blass. “Jika air yang digunakan tidak cukup steril, Anda berisiko melepaskan kuman ke dalam ruangan dan membiarkannya berkembang biak.” 

Infeksi bakteria ada yang jadi penyebab kematian yang disebabkan oleh pneumonia pada saat seseorang berpikir baru saja mulai pulih dari flu. Karenanya jika terpaksa memasang alat pengatur kelembaban udara, pastikan Anda memasangnya dengan hati-hati.  

3. Membersihkan tenggorokan.
Meski mengganggu sebenarnya batuk juga punya manfaat. Secara alami batuk bermanfaat untuk menyembuhkan. Refleknya membantu tenggorokan dan  saluran udara jadi bersih. Jadi bersabar saja menghadapinya. 

Lalu bagaimana cara kita mengatasi batuk yang menghebat di malam hari? Bagaimana jika kita tak bisa berhenti batuk saat malam hari?  

-Pastikan Anda minum cukup air sebelum berangkat tidur. Air akan membantu lendir di tenggorokan akan lebih mudah keluar. 
-Sebelum tidur, minum sirup obat batuk  yang bisa membantu untuk tidur lebih nyenyak.  
-Tanyakan apoteker tentang obat yang bisa mereka berikan untuk kondisi batuk Anda. 
-Hubungi dokter dan buat janji untuk konsultasi. Jika batuk Anda diikuti dengan bentuk suara yang sengau. Gejala itu bisa jadi adalah pertanda dari kasus yang lebih berat seperti sinusitis.
-Batuk yang bertahan lebih dari 1-2 minggu bisa jadi cuma cetusan akan penyakit seperti bronkitis, sinusitis kronik, refluk asma dan pneumonia.                           

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,       

    0 Komentar

    Belum ada komentar