Sukses

Manfaat Tes Gula Darah HbA1c Dan Gula Darah Puasa Biasa

04 Sep 2015, 10:04 WIB
Wanita, 43 tahun.

Trimakasih untuk sebelumnya. Saya mau tahu manfaat dari tes gula darah puasa dan 2 jam setelah makan dg HBA1C tanpa harus Cek lab.dg alat diabet yang dirmh Dan Apa penyebabnya darah bisa mengental dan efek yang bisa ditimbulkan dalam tubuh.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

HbA1c adalah zat yang terbentuk dari reaksi kimia antara glukosa dan hemoglobin (bagian dari sel darah merah). HbA1c yang terbentuk dalam tubuh akan disimpan dalam sel darah merah dan akan terurai secara bertahap bersama dengan berakhirnya masa hidup sel darah merah (rata-rata umur sel darah merah adalah 120 hari).

HbA1c menggambarkan konsentrasi glukosa darah rata-rata selama periode 1-3 bulan. Jumlah HbA1c yang terbentuk sesuai dengan konsentrasi glukosa darah.

Pemeriksaan HbA1c digunakan untuk kontrol glukosa jangka panjang pada penyandang diabetes. Pemeriksaan HbA1c dianjurkan untuk dilakukan setiap 3 bulan sekali atau 4 kali dalam setahun.

Perbedaan Pemeriksaan HbA1c & Glukosa Darah
Pemeriksaan glukosa darah puasa dan 2 jam setelah makan hanya dapat mencerminkan konsentrasi glukosa darah pada saat diukur saja dan sangat dipengaruhi oleh makanan, olahraga dan obat yang baru dikonsumsi. Jadi, tidak dapat menggambarkan bagaimana pengendalian konsentrasi glukosa dalam jangka panjang.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar