Sukses

Ingin Cepat Hamil & Mendapatkan Anak Laki-Laki

03 Sep 2015, 16:04 WIB
Wanita, 19 tahun.

Saya berumur 19 tahun dah berkawin dan mempunyai anak 1 prempuan berumur 3 tahun dan mempunyai seorang suami berumur 33 tahun.. Saya berkawin sejak tahun 2010, pertanyaan : bagai mana cara nya untuk mendapat kan anak lelaki dan ingin cepat hamil yg ke 2x nya dokter.. Sebab dulu saya memakai KB suntikan 2 bulan 1x selama 2 tahun, dan saya sudah berhenti memakai KB sejak 2014 bulan 10, hingga ke hari ini tiada tanda-tanda kehamilan.

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Jenis kelamin anak yang akan dimiliki tidak dapat ditentukan oleh kita sendiri secara alami. Namun, berkat kemajuan teknologi kedokteran memang hal tersebut dapat diusahakan, yaitu dengan melakukan pembuahan di laboratorium atau fertilisasi in vitro, seperti pada prosedur bayi tabung. Namun, prosedur ini tentunya sangat mahal dan hanya dapat dilakukan di pusat pelayanan kesehatan tertentu. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai fertilisasi in vitro (bayi tabung), anda dapat membaca artikel Kami yang berjudul Sulit Memperoleh Keturunan? Coba In Vitro Fertilization (Bayi Tabung).

Selain itu, sperma yang dikeluarkan oleh ayah terdiri atas sperma X dan sperma Y, dimana jumlah sperma X dan sperma Y yang dihasilkan adalah sama banyak. Daya tahan hidup sperma bervariasi antara 12-48 jam. Sperma yang mengangkut genetik-X (perempuan) berenang lebih lambat namun mampu bertahan lebih lama di dalam saluran reproduksi wanita. Sedangkan sperma yang mengangkut genetik-Y (laki-laki) dapat berenang lebih cepat menuju sel telur namun tidak dapat bertahan lama di dalam saluran reproduksi wanita. Karena alasan inilah disarankan bagi pasangan yang ingin memiliki anak perempuan untuk berhubungan H-3 sebelum masa subur.

Mendekati masa subur, cairan vagina cenderung lebih asam, yang justru akan mematikan sperma Y. Namun sperma X yang lebih tahan asam masih dapat mencapai sel telur. Kondisi asam-basa saluran reproduksi wanita juga terkait dengan terjadinya orgasme, karena saat orgasme organ reproduksi wanita akan mengeluarkan cairan basa yang akan membunuh sperma X.

 

Perlu juga diperhatikan: 

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

Dibawah ini merupakan 7 tips menjaga kesuburan yang diberikan oleh Profesor William Ledger  seorang profesor ahli kandungan dari University of Sheffield.

1. Usia dan Fertilitas

Usia memang sangat penting dalam membahas kesuburan. Di jaman sekarang banyak yang menunda kehamilan, namun sebenarnya fertilitas menurun dengan meningkatnya usia. Pria dan wanita sangat subur pada usia 20 tahun-an. Terutama pada wanita, kesuburan akan menurun saat usia meningkat, dan menurun cepat setelah usia 35 tahun. Penyebabnya ada banyak, namun penyebab paling sering adalah kualitas dari telur yang dikeluarkan oleh indung telur. Kesuburan pria juga menurun dengan menambahnya usia terutama di usia 40 tahun namun banyak pria yang masih dapat memiliki anak diatas usia 50 tahun.

2. Hindari PMS (Penyakit Menular Seksual)

Penyakit menular seksual seperti chlamydia dan gonorrhea dapat merusak tuba falopi seorang wanita, yang mengakibatkan sulit menjadi hamil.

3. Hindari merokok

Wanita yang merokok 20 batang sehari dapat mengalami peristiwa menopause 2 tahun lebih cepat  dibandingkan wanita pada normalnya. Lelaki yang merokok juga memiliki risiko rusaknya sperma.

4. Berat badan dan kesuburan

Berat badan berlebih dan berat badan kurang dapat menyebabkan ketidaksuburan. Berat badan yang berlebih dapat menimbulkan penyakit PCOS (polycystic ovary syndrome) yang mempengaruhi keseburan.

5. Hindari alkohol

Pria yang mengkonsumsi alkohol 3 – 4 gelas dalam sehari dapat merusak sperma mereka. Wanita juga dianjurkan untuk menghindari konsumsi alkohol sewaktu ingin hamil untuk menghindari rusaknya pertumbuhan janin.

6. Hindari radiasi dan bahan kimia berbahaya

Terekspos radiasi dan beberapa bahan kimia seperti glycol ester yang ditemukan dalam tanaman dapat merusak kesburan.

Periksakan kondisi Anda dan pasangan ke dokter spesialis Kandungan dan Kebidanan, agar diketahui sumber permasalahanya dan Anda berdua dapat cepat memiliki buah hati. Jika Anda telah melakukan berbagai tindakan seperti di atas dan hasil yang didapatkan dalam keadaan normal, namun tetap belum mendapatkan keturunan, bersabarlah dan tetap berusaha dan berdoa pada Nya. Semoga Anda dan pasangannya dapat segera dianugerahi buah hati. 

Berikut adalah beberapa artikel yang dapat Anda akses terkait persiapan kehamilan pada pasangan suami-istri:

 

Yang kami kemukakan disini hanyalah sebuah cara untuk mewujudkan harapan pasangan akan jenis kelamin seorang anak. Pada akhirnya Tuhan pulalah yang menentukan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk senantiasa berdoa dan bertawakal. Semoga harapan anda dapat dikabulkan oleh-Nya.
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar