Sukses

Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil
03 Sep 2015, 15:33 WIB
Wanita, 24 tahun.

Siang dok..saya mau tanya saat ini usia kandungan saya menginjak 29 minggu baru2 ini saya rasakan kaki saya bengkak namun hanya betis saja untuk pergelangan sampai telapak kaki tidak mengalami bengkak..tapi masalahnya bengkaknya betis ini kalau ditekan menjadikan bekas lekukan takutnya darah tinggi tapi setiap check up tekanan darah selalu normal. Kenapa yah dok sekalian kasih solusinya.. makasih sebelumnya..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com 

Banyak faktor yang mempengaruhi pembengkakan kaki dan pergelangan kaki saat hamil. Tubuh memproduksi dan menahan cairan dalam tubuh lebih banyak saat kehamilan. Selain itu, rahim yang bertambah besar menekan pembuluh darah sehingga mengganggu aliran darah balik ke jantung. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan pada tungkai, pergelangan kaki, dan kaki. Selain itu, perubahan hormon juga dapat berperan.

Ibu dapat melakukan hal-hal di bawah ini untuk mengatasinya:

  • Hindari berdiri terlalu lama dan menyilangkan tungkai. Bila memungkinkan, duduk dengan posisi mengangkat kaki dan secara teratur putar pergelangan kaki. Ibu juga dapat duduk di bawah dan mempertahankan tungkai pada posisi lebih tinggi.
  • Berbaring miring ke kiri. Dalam posisi ini, tekanan pada vena cava inferior, yaitu pembuluh darah besar yang dilewati darah dari tubuh bagian bawah ke jantung, berkurang. Taruh bantal di bawah tungkai untuk menjaga posisinya lebih tinggi.
  • Gunakan compression stocking.
  • Minum cairan dalam jumlah cukup, yaitu 10 gelas (2,3 liter) per hari selama kehamilan.
  • Lakukan aktivitas fisik yang rutin seperti berjalan mengeliling lingkungan rumah, bersepeda, atau berenang.
  • Rendam kaki dalam air.
  • Kompres dingin pada daerah yang bengkak.
  • Pijat kaki teratur.

Ibu harus berhati-hati bila tungkai dirasa sangat bengkak. Kunjungilah dokter Ibu bila terjadi pembengkakan yang sangat berat atau tiba-tiba atau hanya pada satu tungkai. Pembengkakan yang tiba-tiba dapat menjadi salah satu tanda kondisi yang sangat serius yaitu preeklampsia

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar