Sukses

Tumor Jinak Payudara

02 Oct 2015, 01:29 WIB
Wanita, 27 tahun.

Udah hampir 3th ini adek saya punya tumor di payudara, tp sampe skrg dia msh takut bgt mau operasi, krn tumor itu ada kemgknan muncul lg pasca operasi. Dulu sih kata dokter gak ganas. Tapi adakah kemgkan tumor itu tiba2 jd ganas? Dan gmn cara ngebujuk adek agar mau operasi?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Penyebab tumbuhnya tumor tidak diketahui secara pasti. yang ada hanya hipotesa-hipotesa saja, ada faktor keturunan, adanya faktor zat kimia (pengawet), radiasi baik ultraviolet atau sinar x, makanan yang disemprot pestisida, hormonal bahkan faktor stres. Pada beberapa keadaan, tumor jinak dapat tumbuh karena penyakit tertentu atau trauma pada payudara. Umumnya tumor jinak payudara berupa fibroadenoma (FAM). Fibroadenoma terbentuk karena adanya kelenjar-kelenjar penghasil susu yang berlebih di antara jaringan payudara. Pada sebagian besar kasus, fibroadenoma akan hilang dengan sendirinya.

Beberapa kemungkinan lain tumor jinak payudara, antara lain:

  • Massa fibrokistik. Timbul karena pengaruh hormon.
  • Kista: Merupakan kantung-kantung berisi cairan dalam payudara. Kista ini tidak berbahaya, namun jika menimbulkan rasa nyeri kista ini cairan di dalamnya perlu dikeluarkan menggunakan jarum. Umumnya kista muncul selama siklus menstruasi dan masa pre-menopause.
  • Papilloma intraduktal: Papiloma berbentuk seperti brokoli. Kadang, jika papiloma terbentuk di sekitar saluran puting, dapat muncul gejala keluarnya darah dari puting. Tumor ini dapat diangkat dengan eksisi.
  • Nekrosis lemak traumatik: Karena adanya trauma pada payudara, jaringan lemak terbentuk menjadi benjolan dalam payudara.
  • Tumor filoides: Jenis tumor ini umumnya tidak ganas. Namun, pada beberapa kasus, jenis tumor ini dapat tumbuh menjadi ganas dan menyebar ke bagian tubuh lain. Karena itu hal ini perlu dipastikan oleh dokter yang menangani.

Tumor jinak dapat ditangani dengan melakukan pembedahan untuk mengangkat tumor tersebut. Kemungkinan tumor jinak berubah jadi tumor ganas kecil karena memang jenis tumornya berbeda. Namun biasanya mereka yang memiliki riwayat tumor memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara. Jika dokter menyarankan untuk diangkat/dioperasi, apalagi dirasakan mengganggu karena ukuran semakin membesar atau nyeri maka sebaiknya dioperasi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar