Sukses

Bayi Membiru Saat Menangis, Waspada...

03 Sep 2015, 09:29 WIB
Pria, 2 tahun.

Dok saya mau nanya ni anak saya nangis kok tiba-tiba tangan bibir dan kakinya membiru......? kelopak matanya kadang pucat kadang tidak dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Sebenarnya sangat sulit bagi kami untuk menjawab pertanyaan Anda dengan informasi yang sangat minim. Ada beberapa pertanyanan yang kami butuhkan agar bisa membantu menyelesaikan permasalahan Anda. Misalnya: Berapa umur anak Anda? Apakah sebelumnya punya masalah yang seperti ini atau ini baru pertama kali? 

Anak yang membiru waktu menangis bisa saja anak Anda terkena Penyakit Jantung Bawaan atau PJB yang jenis biru (sianotik). PJB ini terjadi karena darah yg "kotor" dari seluruh tubuh menyebrang masuk ke daerah darah bersih yg akan beredar ke seluruh tubuh. Tanda2nya adalah tampak warna biru pada bibir, lidah, gusi, ujung jari tangan dan kaki. Terutama saat menangis maka warna biru ini akan lebih jelas. Hati2 bila ketemu bayi yg tampak semburat kebiruan di sekitar mulutnya saat menangis, bisa jadi suatu PJB sianotik. Awalnya biru hanya jelas saat menangis, tapi makin lama makin jelas meski bayi tidak menangis pun terlihat biru. Bayi dg PJB kompleks bisa mengalami biru yg hanya samar-samar lho. Apalagi kalo bayi itu anemia, maka birunya tak begitu jelas. 
Catatan: Bedakan dgn breath holding spell, yaitu anak yg nangis ngadat sampai menahan napas lama lalu tampak biru. Di luar itu anak tak biru. Yg begini bukan PJB.

Untuk memastikan penyebab biru pada Anak anda sebaiknya konsultasikan masalah Anda pada dokter spesialis jantung Anak untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan dan diterapi secepatnya.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

    0 Komentar

    Belum ada komentar