Sukses

Nutrisi Ibu Hamil
04 Sep 2015, 09:27 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok.saya mau tanya kalau lagi hamil 4 minggu kira2 jenis susu apa yang bagus buat saya? Lalu makanan apa aja yang tidak boleh dimakan? Thanks

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Satu hal yang paling penting untuk mendukung keberhasilan kehamilan Anda adalah persiapan asupan nutrisi yang tepat untuk tubuh sang calon ibu. Karena dengan memberikan nutrisi yang tepat dan baik untuk tubuh sebelum kehamilan, maka akan memberi keuntungan kesehatan bukan hanya untuk anda, tapi juga untuk persiapan bayi yang sehat kelak. 

Kesehatan Anda sebelum kondisi hamil akan memberi pengaruh negatif atau positif terhadap tubuh anda. Untuk itu mempersiapkan tubuh anda sebelum memasuki kehamilan adalah yang terbaik. Nutrisi apapun baik untuk dikonsumsi asalkan higinitas nya baik dan gizi lengkap dan seimbang.

Penting juga untuk mengetahui berat badan ideal bagi tubuh Anda dalam mempersiapkan kehamilan Anda. Karena apapun kondisi berat badan Anda; normal, tidak terlalu berat ataupun terlalu kurus akan berhubungan dengan situasi kehamilan yang sehat dan kesuburan yang terbaik. 

Nutrisi makanan yang baik dalam mempersiapkan kehamilan: 

Folic acid atau Folat. 
Merupakan zat vitamin yang dapat ditemukan pada sayuran berdaun hijau dan sereal. Dpat juga ditemukan pada buah-buahan seperti jeruk, anggur, dan buahan sitrus lainnya. Atau anda dapat mengkonsumsi dari vitamin tambahan anda sehari hari. Dosis yang dianjurkan adalah 400 mikrogram perhari. 

Cara makan yang sehat. 
Begitu anda mempersiapkan diri untuk hamil, sebisa mungkin untuk memulai pola makan yang lebih sehat  dengan cara melakukan diet makanan yang seimbang. Jangan salah persepsi. Diet disini bukanlah berorientasi membatasi ataupun mengurangi porsi pola makan yang normal. Diet disini bermaksud adalah membantu membentuk pola makan yang sehat. Secara jumlah kuantitas porsi tidak ada yang dikurangi, namun secara kualitas asupan yang biasa dikonsumsi ditperbaiki dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk mempersiapan kehamilan, 3-4 bulan sebelum masa konsepsi (pembuahan terjadi) merupakan momen yang baik untuk memulai makan dengan cara yang sehat. Masukkan dalam daftar makanan Anda, makanan yang rendah lemak, kaya akan serat dan vitamin folat. 

Stop minuman atau makanan yang mengandung kafein.
Mengonsumsi kafein akan menurunkan kemungkinan dari seorang wanita untuk dapat hamil. Dan juga kafein meningkatkan kemungkinan terjadinya keguguran. 

Kafein terdapat pada kopi, teh, coklat, dan juga beberapa obat flu atau sakit kepala, sangat dianjurkan bagi Anda untuk membaca label sebelum menggunakannya. 

Stop alkohol, merokok dan obat-obatan yang berpengaruh buruk pada bayi. 
Untuk zat yang satu ini, dalam kondisi apapun Anda sama sekali tidak dianjurkan mengonsumsi alkohol, rokok dan obat-obatan adiktif seperti kokain/morfin. Jelas sekali, 90% zat  terdapat pada semua Apalagi dikondisi Anda sedang mempersiapkan keadaan kesehatan tubuh yang prima menjelang kehamilan. 

Makanan khusus untuk hamil ? 
Dianjurkan para calon Ibu untuk banyak mengonsumsi zinc. Kekurangan zinc dapat mempengaruhi kesuburan baik wanita atau pria. Zinc bisa didapat dari kerang. Oleh karena itu, beberapa ilmuwan menyarankan untuk memakan kerang karena pada kerang mengandung zinc.

Namun demikian, diet pola makan sehat yang seimbang adalah yang terbaik untuk kesehatan anda secara keseluruhan dan kesuburan anda daripada hanya memakan satu atau dua macam makanan yang dianggap khusus untuk hamil. Makanlah secara seimbang dengan memvariasikan berbagai makanan sehat dalam diet seimbang anda. 

Disamping itu olahraga akan membantu kehamilan yang sehat, dan biasanya wanita yang melakukan olahraga secara teratur sebelum kehamilannya, akan melanjutkannya dalam program selama kehamilan. Konsultasikan dengan dokter anda olah raga yang terbaik untuk anda. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar