Sukses

Batuk 1 Bulan Tidak Sembuh

03 Sep 2015, 09:08 WIB
Pria, 57 tahun.

Data diatas merupakan data ayah saya, sudah hampir 1 bulan ini ayah saya batuk tidak sembuh2, kata beliau batuknya hanya batuk gatal dan tidak mengeluarkan lendir, apakah ini hanya batuk biasa atau ada hub.nya dengan infekso paru2? Selain itu, kata beliau terdapat tonjolan di dada bagian bawah (sekitar daerah diafragma atau bawah taju pedang) akan terasa menonjol jika ditekan (tidak tampak dari permukaan kulit) dan tidak menimbulkan rada sakit, kira2 itu apa dok? berbahaya atau tidak? trimakasih sebelumnya.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Batuk 1 Bulan Tidak SembuhKami memahami kekhawatiran Anda.

Apakah ayah Anda sudah diberikan obat? Apakah ayah Anda merokok? Adakah riwayat alergi pada ayah dan keluarga?

Jika batuk sudah satu bulan tidak sembuh walaupun sudah diberikan terapi antibiotik yang adekuat, bisa jadi batuk tersebut disebabkan oleh tuberkulosis / TBC, atau bisa juga disebabkan oleh alergi atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Namun sebelumnya, harus dipastikan dulu diagnosis tersebut melalui pemeriksaan fisik, rontgen, dan dahak.

Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis yang bersifat sistemik, yang dapat bermanifestasi pada hampir semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer.

Terdapat beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan seseorang menderita Tuberkulosis. Silakan klik next untuk melanjutkan.

Batuk 1 Bulan Tidak Sembuh

Terdapat beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan seseorang menderita Tuberkulosis, antara lain:

  • Penurunan daya tahan tubuh: Hal in dapat disebabkan oleh penyakit yang menurunkan daya tahan tubuh seperti HIV/AIDS, diabetes, atau pengobatan jangka lama dengan imunosupresan seperi kortikosteroid, pengobatan arthritis atau obat-obatan kemoterapi.
  • Kontak dengan orang lain yang terinfeksi Tuberkulosis (yang tidak diterapi), umumnya orang yang sehari-hari berada di sekitar Bapak seperti anggota keluarga, teman, tetangga, atau rekan kerja.
  • Konsumsi obat-obatan terlarang atau alkohol untuk jangka waktu yang lama (menurunkan daya tahan tubuh)
  • Kurang gizi (malnutrisi)
  • Merokok (mempengaruhi daya tahan paru)

Tuberkulosis dapat disembuhkan secara tuntas, dengan ketentuan faktor-faktor risiko yang disebutkan di atas dapat dihilangkan: penyakit yang menurunkan daya tahan tubuh ditatalaksana, berhenti merokok, konsumsi obat-obatan terlarang dan alkohol, termasuk menjaga daya tahan tubuh dengan makan makanan gizi seimbang dengan jumlah yang cukup, dan minum obat secara teratur sampai tuntas.

Kami sarankan agar Anda membawa ayah Anda berkonsultasi kepada dokter penyakit dalam untuk evaluasi dan tatalaksana lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar