Sukses

KGB inguinal, Berbahayakah?

07 Sep 2015, 08:11 WIB
Wanita, 1 tahun.

selamat siang dok, anak perempuan saya usia 11 bulan sekitar seminggu yg lalu saya melihat ada benjolan di daerah lipatan paha sebelah kanan anak saya sebesar kacang tanah sewarna kulit, terkadang hilang/tidak terlihat tapi kalau diraba benjolannya terasa lunak. benjolan itu sekitar 1 minggu yg lalu. memang mulai 3 minggu yg lalu anak saya sering batuk dan terkadang bab nya keras, kira2 anak saya kenapa yah dok? mohon jawabannya dok, terimakasih

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Kelenjar getah bening (KGB) merupakan bagian dari sistem getah bening, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. KGB dapat ditemukan di seluruh tubuh, namun yang sering kali dapat teraba jika terjadi pembesaran adalah di daerah leher, ketiak dan lipat paha (inguinal). KGB dapat membesar karena adanya penyakit atau infeksi, namun dapat juga membesar tanpa sebab yang jelas. Kelenjar getah bening dapat membesar karena adanya peningkatan limfosit atau makrofag sebagai respon kekebalan tubuh dari adanya agen infeksi (bakteri atau virus), karena keganasan kelenjar itu sendiri ataupun (limfoma), karena penumpukan bakteri, virus, jamur, ataupun sel-sel metastatis (sel sebar kanker dari paru, hidung, payudara) pada kelenjar tersebut. 

Pada kebanyakan kasus, pembesaran KGB (limfadenopati) bukanlah permasalahan yang serius, tidak berbahaya (jinak) dan hanya sebagian kecil pembesaran yang tidak dapat dijelaskan sebabya merupakan keganasan (kanker). Umumnya limfadenopati akan mengecil ke ukuran semula ketika penyakit atau infeksi sudah berlalu. Getah bening merupakan getah atau cairan bening yang mengalir di sistem getah bening dan mengangkut limfosit (salah satu jenis sel darah putih). Limfosit berperan dalam melindungi tubuh terhadap infeksi dan terhadap perkembangan kanker. KGB leher terletak di beberapa tempat seperti bagian belakang kepala), belakang telinga, di depan telinga, dekat otot leher kanan dan kiri, dibawah tulang dagu dan dibawah tulang rahang. KGB ini juga hanya dapat teraba bila terjadi pembesaran. KGB terletak di beberapa tempat seperti bagian leher (belakang kepala, belakang telinga, di depan telinga, dekat otot leher kanan dan kiri, dibawah tulang dagu dan dibawah tulang rahang), daerah ketiak dan daerah lipat paha. KGB ini juga hanya dapat teraba bila terjadi pembesaran. Pembesaran KGB umumnya teraba lunak. Pada peradangan, dapat terjadi pembesaran pada KGB yang disertai tanda radang lain seperti kemerahan, nyeri dan hangat pada perabaan.

Jika anda khawatir akan ini, bisa dokonsultasikan ke dokter anak anda untuk di cek lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar