Sukses

Pengobatan Anak Batuk Pilek

04 Sep 2015, 15:51 WIB
Wanita, 31 tahun.

doc, anak saya sedang sakit batuk2 dan sdkt pilek, awalnya cm ada dahak/reak bunyi2 ketika bernafas, lalu menjadi batuk2..sudah saya kasi obat meptin dan fluimucil (atas anjuran dokter) sebelum tidur malam, tp malah makin parah batuk2nya, jd batuk kering dan lebih sering. jadi saya lanjut kasi rhinos junior supaya dia bs tidur/istirahat. yang mau saya tanyakan apakah saya lanjut kasi rhinos junior atau meptin & fluimucil? ato hrs ganti obat? karena batuknya belom ada kebaikan, cm dia bisa istirahat karena obtnya bikin ngantuk. thx

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Batuk-pilek atau infeksi saluran pernapasan pada anak kecil sering disebabkan oleh banyak hal, seperti infeksi atau alergi. Dalam kasus anak Anda, perlu ditelusuri dengan teliti penyebab dari batuk pileknya, kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis anak karena mungkin saja ini adalah ISPA karena bakteri yang membutuhkan antibiotik atau ini karena alergi yang membutuhkan tambahan obat alergi.

Kemungkinan lainnya adalah mungkin juga anak Anda mengalami alergi susu sapi.

Alergi susu sapi adalah reaksi alergi yang melibatkan antibodi IgE terhadap satu atau lebih fraksi protein yang terdapat dalam susu. Bagaimanapun, intoleransi laktosa dan alergi susu sapi tidak berhubungan. Alergi susu sapi merupakan reaksi alergi yang dipicu oleh sistem imun dan merupakan reaksi alergi sejati yang dapat dideteksi dengan tes darah dan/atau prosedur sederhana yang disebut uji cukit kulit.Untuk pemeriksaan tersebut Anda perlu mengunjungi dokter spesialis anak untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan.

Apabila anak Anda benar menderita alergi susu sapi, sebaiknya anak Anda menghindari segala makanan yang berbahan dasar susu sapi seperti keju, biskuit susu, dsb. Sebagai alternatif, susu kedelai, susu beras, dan susu nabati lain dapat menggantikan susu sapi, namun perlu diketahui bahwa 20% anak yang alergi susu sapi juga memiliki alergi terhadap susu kedelai.

Mohon maaf, kami tidak dapat memberikan saran pengobatan, karena kami tidak memeriksa anak Anda secara langsung. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda membawa anak untuk kembali berkonsultasi kepada dokter spesialis anak.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar