Sukses

Benda Asing Pada Mata

02 Sep 2015, 11:50 WIB
Pria, 14 tahun.

Asalamualaikum dok. Tadi siang mata saya seperti kemasukan pasir. Tapi saya rasa itu bukan pasir. Terus mata saya sangat perih.tetapi itu tidak mengganggu pengelihatan saya. Sampai sekarang saya masih merasa perih dok. Bagaimana cara mengeluarkan benda itu tersebut dari mata saya.

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Segala benda asing yang masuk ke dalam mata perlu diketahui letaknya apakah superfisial atau lebih dalam. Pertolongan pertama pada benda asing di mata adalah dengan membilasnya dengan air hangat yang bersih. Mengusap dengan tangan, mengucek mata, menggunakan cotton buds atau alat bantu lainnya untuk menyingkirkan benda asing pada mata sangat tidak dianjurkan.

Jika benda asing tersebut tidak hilang juga sebaiknya mengunjungi dokter untuk pemeriksaan dan penanganan yang lebih lanjut, perlu diketahui apakah letaknya superfisial atau sudah lebih dalam. Mungkin diperlukan bantuan alat untuk mengangkat benda asing tersebut dalam hal ini rambut.

Cobalah untuk membilas/mengaliri mata anak Anda dengan air hangat yang bersih secara perlahan-lahan terlebih dahulu pada saat rambut tersebut terlihat oleh Anda. Kemungkinan letaknya masih superfisial karena masih berpindah-pindah. Jika tidak hilang, sebaiknya Bapak membawa buah hati Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Anda dapat membawa anak Anda ke dokter spesialis mata.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar