Sukses

Apa Yang Bisa Dilihat Pada Pemeriksaan USG Di Umur Kehamilan 8 Minggu

01 Sep 2015, 16:21 WIB
Wanita, 31 tahun.

Slamat siang dok,saya mau nanya kalau hamil 8 minggu apa janinnya sudah terlihat melalui USG? Makasih dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kehamilan trimester 1 yaitu kehamilan pada usia 0-12 minggu. Pada masa ini, kita dapat menilai beberapa hal berikut ketika melakukan pemeriksaan dengan USG:
 
1.      Gestational Sac (kantung kehamilan)
Dapat dilihat sekitar 5 minggu, Berukuran kecil (dalam USG berwarna hitam), Terletak di antara pertengahan sampai bagian atas rongga uterus ,berupa kumpulan cairan di dalam uterus.  GS di kelilingi oleh cincin hyperechoic (Double Decidual Sign), dapat dilihat sekitar minggu ke 5-6 minggu.  Pengukuran GS dapat digunakan untuk menentukan umur kehamilan . hal-hal yang penting antara lain :
 
•         Gestational Sac ( tanpa yolk sac/tanpa embryo) = 5 minggu
•         Gestational Sac  dengan yolk sac ( tanpa embryo) = 5.5 minggu
•         Gestational Sac dengan embryo = 7 minggu (TA)
 
Selain itu, kita dapat mengetahui apakah ibu tersebut hamil tunggal atau mungkin hamil ganda/Kembar.  sehingga dokter dapat dengan tepat memberikan pelayanan kesehatan terhadap ibu tersebut.
 
2.     Yolk Sac
Yolk sac merupakan sel kuning yang merupakan vaskularisasi embrio sebelum jantung terbentuk.  Tergambar seperti bola kecil dan menempel pada embrio yang dihubungkan dengan ductus vitelline.  Yolk sac akan terlihat pada usia kehamilan 5 minggu.
 
3.     Embrio (janin)
Merupakan bakal janin.  Embrio terletak di dalam amnion dan berdekatan dengan yolk sac.  Embrio akan terlihat pada usia kehamilan 7-8 minggu.  Pada usia ini, kita akan melihat tunas-tunas yang merupakan cikal bakal kaki dan tangan.  Minggu ke - 10  terlihat jelas 2 kantong – dibagian luar terlihat chorion dengan placenta dan bagian dalam terdapat amnion yang akan menggabungkan diri dengan  chorion dan selanjutnya yolk sac akan menghilang.  Minggu ke 10, penonjolan usus kecil ke dalam tali pusat masih dapat dilihat, hal ini dapat berubah sampai minggu ke 11 seiring dengan bertambahnya ukuran fetus, ini bukanlah omphalocele.
 
4.      Crown Rump Length (CRL)
CRL merupakan pengukuran janin yang dapat memperkirakan umur kehamilan.  Pengukuran dilakukan dari ujung kepala sampai ke ujung bokong. Waktu yang tepat untuk pengukuran CRL adalah minggu ke 6-9
 
5.      Fetal Heart Rate (Denyut Jantung Janin)
Adalah jumlah detakan jantung janin.  Informasi ini sangat penting untuk mengetahui ada tidaknya kelainan pada janin serta merupakan tanda bahwa janin hidup pada masa awal kehamilan.  Detak jantung dapat diperiksa dengan mode Dopler atau M-Mode.  Hal-hal penting :
  • < 6 minggu :    HR ~ 90-115 bpm
  • 8 minggu :      HR ~ 144-170 bpm
  •  9 minggu :      HR ~ 137-144 bpm 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,       

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar