Sukses

Masuk Angin Ketika Hamil
02 Sep 2015, 12:02 WIB
Wanita, 25 tahun.

asalamualaikum dokter,slamat malam ,saya ingin bertanya.. saya sedang hamil 6minggu,tapi saya sering merasa seperti masukangin.. apakah ituakan berpengaruh pada perkembangan janin? dan bagaimana cara mengatasi masukangin tersebut... terimakasih..

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Keluhan masuk angin sudah menjadi terminasi yang umum diutarakan oleh sebagian besar masyarakat kita. Namun ternyata tidak semua orang memiliki pengertian yang sama jika mengatakan 'masuk angin'. Ada yang mengutarakan 'masuk angin' jika merasa perut kembung, mual, sering bersendawa, hingga menyebabkan muntah. Jika keluhan tersebut yang dirasakan, maka penjelasan medis yang dapat dipakai adalah sindrom dispepsia. Sedangkan untuk pengobatannya sangat tergantung dengan penyebab. Awalnya, Anda dapat mengonsumsi obat anti asam lambung yang berisikan antasid untuk meredakan gejala. Namun jika menetap dan memberat, segera periksakan kepada dokter umum setempat untuk pengobatan yang lebih tepat.

Selain maksud di atas, ada sebagian orang yang mengutarakan 'masuk angin' sebagai penjelasan dari rasa pegal pada seluruh tubuh, pusing, dan lain sebagainya. Tentunya 'masuk angin' dengan gejala tersebut memiliki penjelasan medis yang berbeda pula. Pegal pada seluruh tubuh dan pusing umumnya merupakan gejala awal influenza. Gejala ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus dan dapat hilang dengan sendirinya dengan cara memperbaiki kekebalan tubuh dan beristirahat yang cukup.

Bagaimana dengan yang Anda rasakan? Apabila yang Anda rasakan merupakan kumpulan gejala sindrom dispepsia seperti yang disebutkan di atas maka, memang pada trimester awal kehamilan gejala ini umum dirasakan pada wanita hamil sehingga Anda tidak perlu khawatir. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah mengatur pola makan menjadi makan sering dalam porsi kecil. Apabila keluhan memberat Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan Anda. 

Namun apabila yang Anda rasakan merupakan gejala awal influenza, sebaiknya Anda mengunjungi dokter kandungan Anda. Sebab wanita hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi obat apapun tanpa pengawasan dokter.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar