Sukses

Sering Sariawan Sejak Dahulu

03 Sep 2015, 14:02 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok saya ingin bertanya. sebenarnya saya ini terkena penyakit apa. saya sering sekali sariawan. saya hamper tidak pernah merasakan bebas dari sariawan. ini sudah berlangsung semenjak saya duduk di kelas 1 SMA. saya juga pernah masuk rumah sakit 2x dalam 2 bulan karena sariawan. dokter yang merawat saya bilang bahwa itu adalah stomatitis. namun saat saya dirawat inap yang kedua kalinya, di rumah sakit yang berbeda, dokter mengatakan bahwa itu nadalah sariawan biasa. saya juda sempat berobat ke dokter mulut di Jakarta. namun sampai saat ini saya tetap sariawan, namun dalam skala ringan. nah dok, saya ingin tahu saya terkena penyajit apa? apakah saya kurang gizi atau apa? terima kasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda terhadap kondisi sariawan yang berulang. Terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan, tidak hanya karena kekurangan vitamin atau terkait kebersihan mulut saja. Beberapa kondisi yang terkait timbulnya sariawan adalah stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik, penyakit tertentu dan defisiensi hematinik. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-14 hari.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mengetahui faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan, serta melakukan koreksi yang diperlukan. Disertai dengan pencegahan terhadap infeksi sekunder dengan menjaga kebersihan rongga mulut dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi dan merawat gigi yang berlubang, serta konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

Melihat kasus Anda yang mengalami sariawan sudah sejak beberapa tahun lalu dan terus berulang maka ada baiknya Anda konsultasikan kelainan tersebut kepada dokter gigi spesialis penyakit mulut agar dapat dicari tahu penyebab atau hal yang terkait dengan timbulnya sariawan.

Berikut adalah artikel terkait pertanyaan Anda:

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar