Sukses

Kelainan dalam Rongga Mulut dan Gigi

04 Sep 2015, 14:43 WIB
Pria, 29 tahun.

Kemarin saya merasakan sakit yg aneh pada pipi kiri bagian dalam, setelah saya cek, warnanya merah dan ada benjolan dengan cekungan kecil d tengahnya serta ada bercak putih di beberapa bagian mulut, dan dinding kulit pada bagian yg sakit jika dirasakan dengan lidah terasa asam tidak seperti dinding pipi kanan bagian dalam. Untuk dijadikan acuan, bahwa saya mengunyah makanan menggunakan gigi bagian kiri, beberapa gigi saya berlubang, dan saya merokok. Pertanyaannya, apakah diagnosa awal dr gejala tersebut? Terima kasih.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Untuk mencari tahu penyebab keadaan Anda ini diperlukan pemeriksaan secara langsung, guna memastikan tampilan klinis pada kelainan yang terjadi seperti bentuk, warna, luas lesi, jumlah lesi, karakteristik lesi dan lainnya. Diperlukan pula tanyajawab atau anamnesa yang lebih mendalam untuk menggali informasi seperti sudah berapa lama dan apakah Anda menyadari awal terjadi atau pemicunya. 

Gigi yang berlubang tidak boleh dibiarkan tanpa mendapakan perawatan dari dokter gigi, karena dapat berdampak serius bagi kesehatan gigi itu sendiri dan kesehatan tubuh. Perawatan yang diperlukan pada gigi Anda tentu saja baru dapat ditentukan ketika sudah dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi. Apabila gigi masih dapat ditambal maka akan dilakukan perawatan penambalan, namun bila sudah tidak dapat ditambal atau dilakukan perawatan lainnya maka gigi akan dicabut. Sebaiknya segera lakukan perawatan pada gigi Anda didokter gigi agar dapat memperkecil resiko yang mungkin terjadi akibat gigi berlubang tersebut.

Jagalah kebersihan gigi dan rongga mulut Anda dengan semaksimal mungkin agar gigi yang masih sehat dan tidak mengalami gigi berlubang dapat terbebas dari resiko gigi berlubang. Sikatlah gigi 2 kali sehari dengan menggunakan pasta gigi dan bersihkan selah-selahnya dengan menggunakan benang gigi.

Periksakanlah kondisi Anda ke dokter gigi agar dapat dipastikan penyebabnya dan juga mendapatkan terapi yang dibutuhkan untuk mengatasinya.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar