Sukses

Usia Ideal Menikah

03 Sep 2015, 07:25 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok, saya sama pasangan saya umurnya sama, jika nnti saya menikh apakah baik buat kesehatan? Atau Yang lainya misalkan seksualnya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pernikahan memang merupakan impian setiap pasangan yang serius menjalani hubungannya. Namun pernikahan bukanlah hanya memikirkan sebatas cinta antar pasangan. Banyak hal-hal lain yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk menikah. 

Usia ideal menikah perlu memperhatikan berbagai hal, diantaranya kematangan mental dan kematanga fungsi organ seksual. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), menyarankan usia 20-21 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki, sebagai batas usia pernikahan yang ideal.

Saat ini diperkirakan sekitar 50 persen remaja menikah pada usia dibawah 20 tahun dan 5 persen diantaranya  menikah pada usia 10 – 15 tahun. Situasi tersebut tentu bukan hal yang menguntungkan bagi program keluarga berencana dan kependudukan. Sayangnya hal ini kerap dilakukan, khususnya di daerah terpencil dengan berbagai alasan baik ekonomi maupun alasan budaya setempat.

Menikah di usia yang terlalu muda sering dikaitkan dengan angka perpisahan yang lebih tinggi dikarenakan belum siapnya pasangan baik dari segi fisik maupun psikis. Pasangan usia muda cenderung belum bisa mengontrol ego dan emosi masing-masing individu. Selain itu menikah di usia yang terlalu muda juga berisiko pada kesehatan, karena organ kewanitaan yang belum siap untuk hamil dan melahirkan.

Kami lampirkan beberapa artikel untuk menambah wawasan Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar