Sukses

Gangguan Pendengaran

07 Sep 2015, 16:48 WIB
Pria, 22 tahun.

Dokter saya ingin bertanya, kenapa di telinga saya jika ada suara terdengar dua kali. Seperti seolah-oleh kita berada dalam ruangan yang sepi yang membuat suara kita bergema terdengar berkali-kali. Ini tidak seperti tinnitus yang hanya adanya dengingan, dengung dan gemaan. Tp ini pengulangan suara yang saya dengar. Ini hanya terjadi pada telinga bagian kanan saya. Dan saya tidak merasakan sakit atau nyeri, hanya pendengaran saya terganggu seperti yang saya sebutkan diatas. Saya sudah seminggu mengalaminya sejak saya mem-posting keluhan ini. Tidak keluar cairan dari telinga saya. Telinga saya juga bersih. Dua hari setelah masalah telinga ini, saya mengalami pilek, demam, batuk dan flu. Terimakasih dok, atas bantuannya...

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Adakah keluhan lain yang Anda rasakan, seperti mendengar bunyi di dalam telinga, seperti ada air di dalam telinga atau rasa sakit? 

Perasaan telinga tersumbat saja dapat disebabkan karena Anda mengalami apa yang disebut dengan serumen prop dimana kotoran telinga mengeras dan sulit untuk dikeluarkan. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan langsung pada telinga Anda. Penyebab lainnya rasa tersumbat pada telinga karena perbedaan tekanan, jika Anda melakukan olah raga renang, atau olah raga dengan kecepatan tinggi roller coaster, bungee jumping, dll) atau perubahan tempat dengan tekanan berbeda seperti ke daerah dataran tinggi dapat mempengaruhi tekanan dalam telinga sehingga dapat tercipta sensasi seperti telinga tersumbat. Flu juga dapat menyebabkan perasaan tersumbat pada telinga karena adanya peradangan pada daerah THT. Kombinasi dari flu dan kunjungan ke daerah yang berbeda tekanan dapat menjadi penyebab keluhan Anda.

Obat yang diberikan pada Anda nampakya sudha disesuaikan dengan kondisi Anda yaitu untuk mencegah terjadi infeksi pada telinga yang tersumbat. Apakah Anda sudah diberikan obat flu? Apakah saat ini masih flu? Anda dapat mengkonsumsi obat flu yang dijual bebas untuk membantu mengatasi flu Anda sehingga flu dapat mereda dan membantu proses penyembuhan. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar