Sukses

Tidak Boleh Makan Nanas Ketika Hamil, Apakah Benar?

17 Sep 2015, 15:04 WIB
Pria, 20 tahun.

salam sejahtera... dok, apakah mitos atau fakta ibu yang hamil memakan buah nanas, nangka mngakibatkan keguguran ? krna prnah sya baca di situs mknan tersebut dapat mengakibatkan keguguran . dan jnis mknan n buah ap sj yg hrus dhindari ? terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Tidak Boleh Makan Nanas Ketika Hamil, Apakah Benar?Berikut penjelasan yang dapat anda ambil mengapa ibu hamil sering kali dilarang mengkonsumsi nanas:

1.    Kontraksi sebelum waktunya

Pada umumnya bagi anda yang sedang memasuki kehamilan di trimester pertama sangat rentan terhadap beberapa masalah kehamilan apalagi bila anda memiliki rahim yang tidak kuat. Pada bulan pertama sering kali anda dilarang mengkonsumsi nanas atau minum jus nanas. Nanas mengandung bromelain yang dapat melemahkan serviks atau leher rahim sehingga dikhawatirkan apabila dikonsumsi pada jumlah yang berlebihan, kandungan ini akan menggangu kehamilan anda. Beberapa orang memilih untuk tidak mengkonsumsi nanas meskipun demikian bagi anda yang menginginkan mengkonsumsi nanas, anda dapat mengkonsumsinya setelah melalui trimester pertamadengan jumlah yang terbatas dan pilihlah nanas yang benar benar telah matang.

Lalu, apakah betul nanas dapat membuat ibu hamil keguguran?

Silakan klik next untuk melanjutkan.

Tidak Boleh Makan Nanas Ketika Hamil, Apakah Benar?

2.    Keguguran

Betulkah nanas dapat mengakibatkankeguguran? Kandungan bromelain di dalam nanas yang dikhawatirkan akan menggangu kondisi kehamilan anda, apalagi bila anda memiliki riwayat keguguran sebelumnya. Hindari mengkonsumsi nanas yang masih muda dengan kulit berwarna hijau, meskipun demikian bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsi nanas, konsumsi nanas dengan jumlah yang terbatas dan juga pilih buah nanas yang matang.

3.    Masalah kesehatan kehamilan

Rasa asam yang terdapat di dalam buah nanas dapat mengakibatkan gangguan pada lambung apalagi bagi ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit maag. Meskipun buah nanas dapat dikonsumsi oleh ibu hamil akan tetapi bagi ibu hamil yang menderita gastritis sebaiknya dihindari sama sekali karena akan mengangu kesehatan anda dan janin. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa buah nanas yang kaya dengan kandungan vitamin C dan nutrisi boleh saja dikonsumsi oleh ibu hamil dengan jumlah dan pilihan buah nanas yang telah  matang. Tidak semua ibu hamil dapat mengkonsumsi buah nanas meskipun dalam jumlah sedikit bagi anda yang memiliki masalah dengan maag dan gastritis sebaiknya menghindari terlebih dahulu.Konsultasikan selalu kesehatan anda dengan dokter atau bidan, begitu juga dengan makanan yang terbaik untuk kehamilan anda, mengingat setiap ibu hamil memiliki kondisi kesehatan yang berbeda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar