Sukses

Penyebab Haid Tidak Teratur

31 Aug 2015, 15:07 WIB
Wanita, 18 tahun.

Saya remaja berumur 18 tahun, haid saya tidak lancar, kadang 4 bulan sekali dan kadang 5 bulan sekali, ini membuat saya sangat takut sekali. Apakah saya memiliki penyakit? Dan bagaimana cara mengobatinya? Tolong bantu saya Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Perbedaan datangnya masa haid pada wanita, yang kami sebutkan tadi, terjadi karena adanya perbedaan dari kadar hormon estrogen (hormon kelamin) yang diproduksi oleh masing-masing tubuh wanita.

Oleh karena siklus haid terjadi akibat pengaruh kerja hormon estrogen, maka jika produksi hormon estrogen kurang, maka siklus haid bisa makin lama. Demikian pula dengan sebaliknya, jika produksi hormon ini berlebih, maka siklus jadi makin cepat. Maka dari itu, tidak heran kalau siklus haid seorang wanita bisa berubah-ubah. Kondisi tubuh dan psikologis berperan penting dalam produksi dan kerja hormon estrogen, dan efeknya terhadap jadi lebih cepat atau lambatnya siklus haid bisa berbeda-beda untuk tiap individunya. 

Sejak kapan terlambat haid itu terjadi? Kalau terjadi sudah sejak lama, maka agaknya memang siklus haid-nya lah yang memang lain dari yang lain, untuk ini kondisinya ini bisa dianggap normal. Hal yang bisa menjelaskan kondisi ini adalah kenyataan produksi hormon esterogen Anda yang memang agak kurang, makanya siklusnya jadi lama sekali.

Nah, yang perlu diperhatikan dengan seksama adalah kalau siklusnya yang seperti ini, ternyata terjadi baru belakangan ini, karena ada dua hal yang bisa dijadikan alasan.
Pertama, memang sedang tidak bagus, mungkin dia sedang stres dengan pekerjaan sehari-harinya, ini jelas-jelas akan berpengaruh pada hormon-hormonnya (ingat, yang sudah kami sebutkan diatas, bahwa kondisi tubuh dan psikologis bisa mempengaruhi kerja hormon), dan untuk hal ini, mempengaruhi siklus haid (yang tentu saja akan berpengaruh pada kesuburan seorang wanita itu sendiri). Akan tetapi bukan berarti jika siklus haid seorang wanita tidak lancar (sering terlambat), berarti wanita itu tidak subur, karena banyak sekali kasus wanita yang haidnya datang sering terlambat tapi masih bisa hamil, artinya produksi sel telur hanya bermasalah pada waktu saja. Itu berarti masalah datang haid terlambatnya, cuma masalah pada produksi hormon saja.

Hal kedua, jika ternyata ada masalah cukup serius yang terjadi pada organ-organ kelamin bagian dalam, seperti misalnya kista pada kantung - dinding rahim atau di indung telurnya, atau endometrosis (penyakit kanker dinding rahim) atau penyakit lainnya, yang memang berhubungan timbal balik terhadap berlangsungnya proses pembentukan sel telur oleh hormon-hormon kelamin. Jika ternyata dalam rahim terdapat kista atau penyakit, dan tidak segera ditangani dengan benar, jelas sekali bisa berakibat ketidak suburan.

Supaya lebih yakin, Anda bisa ke rumah sakit atau ke dokter spesialis kandungan untuk diperiksakan, mungkin keluhan terjadi karena memang ada masalah di organ kelamin dalamnya atau hanya akibat hormonal saja. Pemeriksaan bisa dilakukan secara USG. 

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar