Sukses

Hormon Testosteron

03 Sep 2015, 11:01 WIB
Pria, 17 tahun.

dok, apa itu hormon teosteron saya baca di postingan vakum hormon teosteron dapat mrnggemukkan,

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com, 

Hormon testosteron dapat dikatakan sebagai 'hormon lelaki', yaitu suatu senyawa kimia yang dihasilkan oleh organ perkembangbiakan laki-laki (testis) serta berperan dalam menghasilkan segala bentuk ciri-ciri kelelakian, seperti rambut tubuh, suara yang memberat, massa otot, dll.

Tubuh laki-laki menghasilkan hormon testosteron di dalam testis mereka. Kadar testosteron tubuh mencapai puncaknya selama masa remaja dan awal dewasa muda. Mulai usia 40, tubuh memproduksi lebih sedikit testosteron. Untuk sebagian besar laki-laki, kadar testosteron menurun secara perlahan.  

Pada laki-laki, hormon ini membantu mempertahankan kepadatan tulang, distribusi lemak, massa otot, kekuatan otot, produksi sel darah merah, dorongan seks, dan produksi sperma. Jika tubuh kekurangan hormon testosteron, maka fungsi yang telah disebutkan diatas berkurang seperti penurunan fungsi seksual, penurunan kepadatan tulang, berkurangnya massa otot, peningkatan jumlah lemak, penurunan kekuatan otot,  penurunan daya ingat, perubahan mood dan depresi. 

Tidak semua orang dengan kadar testosteron yang rendah membutuhkan terapi. Hanya laki-laki yang memiliki gejala kekurangan testosteron dan dibuktikan melalui pemeriksaan darah yang dapat dipertimbangkan untuk terapi penambahan hormon testosteron.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar