Sukses

Bintil di Kornea?

02 Sep 2015, 19:31 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat pagi dokter, maaf menggangu. Saya ingin tanya, bintilan kecil yg letaknya diatas kornea itu apa ya dok? Mata saya jadi terasa mengganjal, tidak enak. Saya menggunakan softlens untuk beraktivitas keluar ruangan karena saya mempunyai minus. Apakah bintilan kexil ini ada kaitannya dengan penggunaan softlens tersebut dok? Saya takut sekali karena keluhan ini terjadi pada area mata dok. Terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com, 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah Anda yakin letaknya di kornea mata? Karena jarang sekali terdapat kelainan berupa bintil di atas kornea. Apakah bintil terlihat besar dan tampak saat Anda memeriksanya di kaca? Atau hanya berupa sensasi seperti ada bintil yang Anda rasakan saat berkedip? Karena sensasi permukaan kornea yang tidak rata dapat muncul pada radang kornea dan/ atau konjungtiva yang disebut keratitis/ konjungtivitis. 

Adapun keratitis adalah gangguan yang seringkali diderita pengguna lensa kontak akibat kebersihan yang tidak terjaga. Biasanya ditandai dengan kemerahan pada mata, pandangan menjadi kabur, perih, gatal, terasa seperti berkerikil, silau, dll. Apakah Anda merasakannya?

Adapun penyebab bintil tersering pada mata adalah penyakit yang disebut hordeolum (bahasa umum: bintitan). Namun memang sulit untuk menentukan diagnos pasti tanpa pemeriksaan fisik mata.

Bintitan atau dalam medis disebut hordeolum, yaitu benjolan kecil yang tumbuh di sekitar mata akibat infeksi bakteri (umumnya Staphylococcus sp.) pada kelenjar minyak di tepi jajaran bulu mata atau di bawah kelopak mata. Umumnya hordeolum berisi nanah yang apabila bertambah besar dapat menghalangi mata terbuka secara optimal menimbulkan kesulitan untuk melihat.

 

 

Hordeolum bukanlah sebuah gangguan serius dan sebagian besar akan sembuh sendiri. Benjolan ini justru lebih sering menyebabkan rasa malu daripada rasa sakit. Untuk mempercepat peradangan kelenjar dapat diberikan kompres hangat,3-4 kali sehari selama 10-15 menit sampai nanah keluar. Pengangkatan bulu mata dapat memberikan jalan untuk penyerapan nanah. Jika cara tersebut tidak memberikan respon perbaikan maka pertimbangkan pemberian obat tetes yang mengandung antibiotik atau obat minum antibiotik (untuk kasus tertentu, jika peradangan mengenai seluruh mata). Selain itu, jika nanah terlihat tidak memiliki jalan keluar, maka dapat dilakukan penyayatan untuk mengeluarkan nanah, seperti yang pernah Anda lakukan.

Untuk memastikan diagnosis yang Anda alami dan dapat memilih terapi yang tepat, maka pemeriksaan fisik secara langsung wajib dilakukan. Untuk itu kami sarankan Anda berkonsultasi secara langsung pada dokter spesialis mata. Sementara, yang dapat Anda lakukan adalah menjaga higienitas mata dengan tidak mengucek mata, menghentikan sementara penggunaan lensa kontak Anda, dan menjalankan praktik penggunaan lensa kontak yang lebih baik kedepannya.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar