Sukses

Kutil Kelamin dan Keputihan

30 Aug 2015, 16:42 WIB
Wanita, 19 tahun.

Ass. Dok saya prnh tes lab di klinik saya hpv , tetapi tdk di jelaskan hpv nya tipe brp,yg saya rasakan ada kutil kelamin di kemaluan saya dan saya keputihan putih susu pekat dan bau,saya mengalami ini sdh lama sdh 3 thn ,apakah bs kutilnya di operasi kecil jika sdh lama ?

 

Ibu/Saudari yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Halo! Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.

 

Kutil pada kelamin, yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah kondiloma akuminata, merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. 

 

Belum ada penelitian yang menunjukkan tingkat keefektifan terapi kutil kelamin dalam mencegah penularan virus HPV. Namun, jika tumbuhnya kutil tersebut telah mengganggu Anda maka kami sarankan agar Anda segera berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kutil kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan gel, salep atau krim pada kutil, dengan cryosurgery, dengan laser,  atau dengan operasi kecil untuk mengangkat kutil yang berukuran lebih besar.

 

 

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri. 

 

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, kadang dapat menggumpal, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

 

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit. 

 

Nampaknya keputihan Anda termasuk dalam keputihan yang tidak normal. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan langsung dan penanganan yang optimal.

 

Semoga keluhan Anda segera teratasi!

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)
 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar