Sukses

Bekas Luka Jahitan

31 Aug 2015, 17:57 WIB
Wanita, 22 tahun.

Tgl 16 sy mndpt jahitan 1cm (3 jahitan) krn jatuh dari sepeda. Tgl 22 kontrol dan buka jahitan; dokternya blg lukanya sdh menutup&kering; dgn baik. Tapi knp sy lihat spt retak&berlapis; ya dok? Bgian dlm spt kulit sblm luka, tp bgian luar di sekitar bekas jahitan jd keras, agak kasar&tebal; spt kapalan. Normalkah? Jika iya, berapa lama prosesnya sampai normal kembali? Jika tidak, perawatan apa yg bisa sy lakukan agar kembali spt semula? Dan apakah tidak apa-apa jika terkena air dan sabun ketika mandi?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com

Luka memang perlu dirawat dengan baik. Waktu penyembuhan luka  bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu.

Untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) terkait wilayah/anggota tubuh yang mengalami luka dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembap yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru. 

Jika telah mengalami proses  penyembuhan sempurna maka bekas luka dapat terdiri dari beberapa jenis. 

Bekas luka yang terjadi pada kulit dapat meninggalkan bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), atau menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi) atau menjadi jaringan berlebih (keloid).

Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari. Penanganan bekas luka yang menghitam ini bergantung pada ukuran dari hiperpigmentasi dan sudah berapa lama terjadi. 

Berdasarkan keluhan Anda, kemungkinan luka Anda memang belum sembuh sempurna dan masih terdapat jaringan-jaringan luka kering. Sulit bagi kami untuk mengetahui apakah yang Anda maksudkan dengan bagian luar keras, kasar, tebal, dan seperti kapalan adalah bagian penyembuhan luka atau jaringan bekas luka yang menonjol (jaringan berlebih/keloid). Untuk itu, kami sarankan Anda datang kontrol ke dokter agar dokter yang merawat Anda dapat melakukan evaluasi terhadap luka Anda dan melakukan penanganan lanjutan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar