Sukses

Bekas Jerawat Menghitam

31 Aug 2015, 14:53 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok, jika ingin tahu apa penyebab dagu menjadi hitam yang disebabkan oleh jerawat dan menyebar menjadi hitam lalu muncul seperti komedo dibawah dagu dan bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih :)

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Setelah kita berjerawat terkadang timbul bekas hitam di wajah yang dalam dunia medis disebut sebagai post Inflammatory hyperpigmentation (PIH). PIH ini biasanya timbul setelah ada peradangan pada jerawat. Semakin berat peradangan jerawat maka semakin berat lesi kulit ini. Memecahkan jerawat atau memegang jerawat dapat memperberat keadaan PIH ini.

Hilangnya bekas ini sangat tergantung dari seberapa gelap bekasnya dibandingkan dengan warna kulit. Beberapa obat yang dijual di pasaran mengandung kandungan yang dapat menyembuhkan keadaan ini seperti kombinasi dari alfa dan beta hydoxy acid (glycolic acid) , vitamin A, vitamin C, dan bahan-bahan lain yang dapat melupas kulit. Penggunaan hidrokuinone juga sering digunakan untuk keadaan ini. Hidrokuinone bekerja dengan cara memblokade enzim yang berhubungan dengan produksi melanin, yang lantas dapat mencerahkan kulit. Beberapa jenis kandungan seperti retinoid, azelaic acid, Glycolic acid juga disebutkan dapat berguna sebagaicara menghilangkan bekas jerawat. Teknik-teknik seperti peeling dan dermabrasi juga berguna sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang kehitaman ini. Untuk memperoleh obat-obatan seperti ini kunjungilah dokter spesialis kulit agar dapat diperiksa secara langsung  dan diberikan obat yang paling sesuai.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar