Sukses

Terapi H. Pylori dan Hidung Mampet

31 Aug 2015, 11:42 WIB
Wanita, 25 tahun.

Siang Dok, Saat ini saya sedang menjalankan terapi h pylori, dengan antibiotik dan lansoprazole. Yg ingin saya tanyakan, sudah bertahun2 saya sering mengalami hidung mampet, yg membuat susah bernafas yg sepertinya karna asam lambung sering sekali naik akibat dl sering makan tdk teratur dan diet. Apakah saya boleh menambahkan obat semprot hidung saat sedang menjalani terapi pengobatan h pylori ? Agar hidung saya lebih plong. Atau sebaiknya jangan dulu, dan tunggu setelah terapi selesai? Lalu apakah penderita asam lambung tinggi seperti saya dan positif h pylori, boleh berolahraga seperti treadmill? Apakah dapat memperparah gejala? Terimakasih Dok.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelumnya, sebaiknya ditetapkan diagnosis yang pasti atas penyebab hidung mampet yang Anda rasakan sebelum memberikan semprotan hidung apapun. Adapun hidung mampet jarang menjadi salah satu gejala dari naiknya asam lambung (GERD, Gastrosophageal Reflux Disease). Seringkali naiknya asam lambung pada GERD hanya mencapai esofagus/ kerongkongan (sesuai namanya, gastro-esofagus). Sangat jarang gejala hidung mampet menyerti keluhan GERD. Masih banyak penyebab hidung mampet lainnya, antara lain infeksi, alergi, polip, dll. Untuk itu pemeriksaan harus dilakukan secara langsung agar dapat dilihat kelainan yang terjadi pada hidung.

Adapun olahraga seperti treadmill boleh dilakukan oleh penderita asam lambung tinggi. Olahraga tidak akan memperparah gejala asam lambung karena tidak berhubungan secara langsung. Yang terpenting Anda tidak langsung berolahraga pasca makan, untuk mencegah naiknya makanan ke kerongkongan akibat lompatan yang dilakukan oleh tubuh.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar