Sukses

Nyeri Payudara dan Sering Berjerawat

31 Aug 2015, 10:53 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok saya mau tanya.saya belum mens dan saya memang tdk teratur mensnya.tp saya tidak merasakan gejala gejala hamil yg saya rasakan hanya lelah saja.saya merasakan payudara sakit dan keras sudah seminggu ini dan sering sekali keputihan trs menerus nah saya kemarin demam dan jadi sering buang air kecil dan pinggang sakit serta keram dan yg keluar hanya keputihan saja.saya memang pernah sering buang air kecil tp setelah itu mereda nah akibat sakit ini saya merasakan lagi.apalagi saya capek dan kurang asupan gizi alias jarang makan.3 minggu yg lalu saya pernah petting sm pacar tetapi dia masih memakai celana dlm dan boxer dan saya cd saja tetapi tdk sampai ejakulasi dan yg basah hanya karna saya terangsang saja.jd intinya saya masih virgin.jd inti gejala apa ya ini dok cepet lelah berjerawat stress sangat dalam nyeri payudara tetapi untuk ukuran aerola saya tidak menghitam dan sering keputihan dan keputihannya itu keputihan normal sebenrnya.saya ragu untuk melakukan test pack karna saya sering sekali tidak teratur dan memang sudah merasakan gejala mau mens jd saya hanya memastikan saja disini artinya apa ya?terimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Bila memang tidak pernah ada penetrasi penis ke dalam kemaluan perempuan yang disertai ejakulasi didalam vagina, maka kemungkinan untuk hamil akan sangat kecil. 

Selain itu bila keputihan yang dirasakan masih normal, maka keluhan yang paling mengganggu Anda saat ini adalah nyeri di payudara saat haid. Rasa 'nyut-nyutan' atau nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia, dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, dan akibat menstruasi. Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh. Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. 

Berhubung Anda hanya merasakan nyeri saat siklus haid dan tidak menyampaikan adanya keluhan payudara lain, bisa jadi hal ini berkaitan dengan menstruasi. Menstruasi sendiri memang dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara akibat perubahan hormonal yang terjadi menuju siklus haid. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai.

Adapun keluhan sering berjerawat bisa disebabkan oleh multifaktor, salah satunya keturunan (misalnya memiliki riwayat kedua orang tua yang berjerawat), ketidakseimbangan hormonal saat pubertas (penyebab ini sangat cocok untuk usia Anda saat ini), makanan, serta perawatan kulit yang tidak tepat (jarang membersihkan kulit wajah, menggunakan produk wajah yang tidak sesuai dengan jenis kulit, sering terpapar debu dan polusi, dll).

Sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikan diagnosis penyakit Anda. Jadi kami sarankan agar berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut. 

Berikut kami lampirkan beberapa artikel yang mungkin bermanfaat:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar