Sukses

Sakit Tenggorokan Sejak Satu Tahun

31 Aug 2015, 10:46 WIB
Pria, 41 tahun.

Dok mau tanya? Jadi gini ayah saya kan udah 1 tahun sakit tenggorokan gejalanya mual-mual,kalo makan sedikit yang masuk kadang" suka keluar lagi.. Sekian dari saya terima kasih..

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Gejala nyeri tenggorokan yang telah berlangsung lama hingga satu tahun dapat menjadi gejala yang mengkhawatirkan. Sayangnya data yang Anda berikan belum lengkap, sehingga kami kesulitan untuk mengarahkan kondisi yang sedang terjadi pada ayah Anda?

Apakah nyeri tenggorokan tersebut hilang timbul? Apakah disertai demam, batuk atau pilek? Bila Ya, maka kemungkinan nyeri tenggorokan tersebut berkaitan dengan infeksi virus yang sangat berhungan dengan daya tahan tubuh yang rendah. Untuk mencegah nyeri tenggorokan akibat virus yang berulang, jagalah daya tahan tubuh ayah Anda dengan beristirahat yang cukup, makan dan minum yang bergizi, banyak minum air hangat, dan bila perlu mengonsumsi tablet hisap antiseptik hingga antibiotik.

Bila nyeri tenggorokan disertai rasa mual yang sangat berlebihan sehingga makanan sulit masuk, maka ada kemungkinan berkaitan dengan gangguan lambung. Apakah nyeri tenggorokan disertai perasaan terbakar di dada? Adakah perih di ulu hati? Apakah setiap pagi hari mulut terasa pahit? Seringkah mulut terasa asam dan terasa ada makanan yang naik ke tenggorokan? Bila Ya, kemungkinan penyakit yang sedang terjadi adalah GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), yaitu penyakit yang ditandai dengan naiknya asam lambung ke kerongkongan, yang dapat memberikan gejala di atas termasuk mual dan muntah. Faktor risiko mengalami hal ini adalah makan tidak teratur dan kebiasaan berbaring segera pasca makan.

Masih banyak kemungkinan penyakit lain yang dapat terjadi, dan tentunya untuk dapat memberikan penanganan yang tepat maka diagnosis penyakit ayah Anda harus dipastikan terlebih dahulu. Untuk itu kami sarankan agar ayah Anda diperiksakan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan wawancara dan pemeriksaan fisik yang lengkap, sehingga diagnosis yang pasti dapat ditegakkan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar