Sukses

Meningkatkan Berat Badan

28 Aug 2015, 13:18 WIB
Pria, 73 tahun.

Mengalami malnourish krn emphysema, problim sy sekarang adalah menaikkan berad badan. Makanan, suplemen, obat apa saja yg sebaiknya sy konsumsi dan seberapa banyak/sering ? Sy coba minum Appeton 60 tdk cocok krn detak jantung naik.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Pada dasarnya, berat badan tidak bertambah disebabkan karena konsumsi asupan energi lebih rendah dari kebutuhan. Dalam hal ini, sebagian cadangan energi tubuh dalam bentuk lemak akan digunakan. Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan).  

Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau tuberkulosis. Kadangkala penderita gangguan paru seperti emfisema, yang biasanya disebabkan oleh rokok, meningkatkan kemungkinan terserang penyakit tuberkulosis (TB paru). Sebaiknya Anda memeriksakan dahak untuk mencari kemungkinan ke arah penyakit ini. Selain itu, yakinkah Anda telah mengonsumsi asupan makanan dalam jumlah yang cukup? Sebab merujuk pada usia Anda saat ini, berat badan Anda yang sangat rendah menyebabkan munculnya kecurigaan ke arah penyakit keganasan (tumor/ kanker). Kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter. Adakah batuk-batuk lama? Adakah batuk disertai dahak berdarah? Adakah buang air besar berdarah? Adakah pembesaran perut yang tidak dapat diketahui penyebabnya?

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal. Apalagi Anda sempat mengalami malnutrisi akibat penyakit, kejarlah kebutuhan gizi tubuh dengan mengonsumsi banyak makanan bergizi. Mencari jalan pintas untuk menggemukkan tubuh bukanlah cara yang baik. Tingkatkanlah berat badan tubuh secara berangsur-angsur dengan meningkatkan asupan makanan Anda. 

  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu. 

  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.

  • Istirahat yang cukup 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar