Sukses

Penyebab Susah Gemuk

28 Aug 2015, 05:39 WIB
Wanita, 52 tahun.

dok, mama saya sering pusing2 di kepala dia rentan sekali masuk angin, trus dia gk gemuk2 dok, trus susah tidur dok, wah itu gimana ya dok apa masalah nya dan solusi nya dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Faktor Penyebab tidak bisa gemuk

1. Faktor Keturunan

Coba liat saudara Ibu Anda, adakah yang gemuk? Jika tidak ada, mungkin itu penyebabnya. Tapi bukan berarti ibuAnda tidak bisa gemuk suatu saat nanti.

2. Gangguan Metabolisme Tubuh

Orang yg berbadan kurus memiliki kerja metabolisme yang terlalu cepat, jadi seberapa banyak dia makan akan cepat dibakar oleh tubuh menjadi energi. Jika ada gangguan pada metabolisme tubuh, sebaiknya ukhti konsultasi dengan dokter untuk mengobatinya.

3. Tidak Pernah Detoks (mengeluarkan racun dari dalam tubuh)

Salah satu hal pokok kenapa berat badan tidak kunjung naik adalah karena adanya kotoran di dalam usus kita, karena makanan yang kita makan setiap hari apalagi jika makanan yang kita makan adalah makanan cepat saji, makanan instan atau yang diolah tidak dengan sepengetahuan kita, maka makanan tersebut dapat menimbulkan kerak / kotoran di dalam usus sehingga penyerapan zat gizi, nutrisi dan vitamin dari makanan yang kita makan tidak dapat terserap sempurna oleh usus halus. Sudah menjadi rumus mutlak apabila nutrisi makanan yang kita makan tidak bisa meresap dengan sempurna maka pertumbuhan tubuh kita pun akan terganggu, jadi walaupun makan banyak pun tidak dapat gemuk. Hal ini dapat di atasi jika anda melakukan detoksifikasi idealnya 1 bulan sekali untuk lebih detail tentang detoks tubuh ini 

 

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menggemukkan badan. Di antaranya adalah :

  • Makan teratur 3 kali sehari. Biasakan sarapan, makan siang tepat waktu, dan makan malam
  • Menambah porsi makan. Perhatikan asupan dan nilai gizi makanan. Kebutuhan kalori rata - rata setiap hari seorang pria 2200 kalori, sedangkan wanita 1900 kalori. Untuk menggemukkan badan sebanyak 1/2 kilo setiap minggunya, diperlukan tambahan 1000 kalori setiap hari. Untuk mengetahui jumlah kalori makanan,ukhti bisa konsultasi dengan ahli gizi.
  • Kunyah makanan dengan lembut untuk mempermudah kerja lambung
  • Minumlah susu 2 gelas tiap hari. Protein dalam susu bermanfaat untuk membangun jaringan otot, dan kalsiumnya untuk membantu menguatkan tulang.
  • Olahraga, selain untuk membakar lemak juga dibutuhkan untuk membentuk otot. Olahraga yang rutin, membuat tubuh lebih aktif sehingga kita membutuhkan banyak energi, yaitu makanan.
  • Tidur yang cukup, tubuh kita butuh istirahat 8 jam tiap hari. Tidur yang cukup sangat membantu proses penggemukan badan.
  • Kurangi merokok dan begadang
  • Perbanyak minum air putih. Standarnya adalah 8 gelas air per hari.
  • Konsumsilah putih telur 1 kali sehari
  • Periksa kesehatan anda ke dokter

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar