Sukses

Ketombe

27 Aug 2015, 13:23 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok saya mau nanya, saya tuh orang nya ketombean udah pake shampo apa aja ga liang ilang udah ke dokter juga tetep ga ilang, terus saya make shampo selsun, ketombe nya sih ngilang dikit tapi tetep masih ada. Nah masalahnya setiap saya kena panas dikit, contoh nya kaya saya lagi belajar di kelas terus saya pengen ke toilet, kan saya harus keluar nah pas jalan ke toilet kepala saya kena sinar matahari abis itu pas saya udah selesai ke toilet terus duduk di kelas lagi kepala saya bakal gatel banget, setiap saya garuk pasti ada aja yang jatoh walaupun cuman saya elus pasti ada yang terbang terbang Itu gimana yah dok kok bisa gatel banget pas kena sinar matahari dikit

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Ketombe adalah gangguan pada kulit kepala kronis yang ditandai dengan rasa gatal disertai dengan pengelupasan kulit di kulit kepala. Ketombe tidak menular dan jarang menjadi serius, namun memalukan bagi yang si penderita dan terkadang sulit untuk diobati.

Untuk sebagian besar kasus ketombe tidak memerlukan penanganan dokter. Namun, jika anda terus menerus menggaruk kepala anda dikarenakan gatal yang sangat setelah beberapa minggu menggunakan shampoo umum atau bahkan jika kulit kepala anda menjadi kemerahan dan membengkak, sebaiknya anda segera mengunjungi dokter ahli kulit. Hal ini kemungkinan ketombe yang disebabkan oleh dermatitis seborrheic atau penyakit lain yang menyerupai ketombe.

Beberapa keadaan yang dapat menyebabkan terjadinya ketombe, antara lain :
1. Kulit kering. Anda bisa mengenalnya dengan melihat kulit bagian lengan, kaki atau bagian lain yang terlihat kering.
2. Dermatitis seborrhoic, kulit berminyak dan meradang. Dermatitis seborrhoic juga dapat mengenai bagian lain yang mengandung kelenjar minyak, seperti alis mata, cuping hidung, dll.
3. Psoriasis yang disebabkan oleh akumulasi sel kulit mati yang menebal dan berwarna keperakan. Psoriasi umum dijumpai di bagian siku dan lutut.
4. Eczema
5. Sensitif terhadap produk perawatan rambut (dermatitis kontak)
6. Jamur (malassezia). Malassezia, dalam keadaan sehat, hidup di kulit kepala kita tanpa menimbulkan penyakit. Namun kadang pertumbuhan jamur ini tidak terkendala, dikarenakan overproduksi dari kelenjar minyak yang dihasilkan oleh folikel rambut.

Hampir sebagian besar orang memiliki kecenderungan berketombe, namun ada beberapa faktor yang membuat seseorang rentan terhadap ketombe, yakni :
1. Usia. Ketombe biasanya muncul pada usia remaja sampai usia pertengahan
2. Pria. Pria lebih sering mengalami gangguan ketombe, karena faktor hormonal.
3. Diet buruk. Jika diet anda kekurangan zinc dan vitamin B.
4. Beberapa penyakit lainnya yang tidak begitu jelas hubungannya dengan ketombe seperti pada penyakit syaraf, antara lain Parkinson dan stress.

Beberapa tips untuk menangani ketombe :

1. Shampo anti-ketombe yang umum dijumpai. Cari shampoo yang cocok untuk anda. Jika memakai shampo anti-ketombe anda merasa gatal, memerah, panas, atau ada reaksi alergi maka sebaiknya segera dihentikan. Shampo anti-ketombe dapat dibagi sesuai dengan kandungannya :
1. Zinc pyrithione shampoos (seperti Selsun Salon, Head & Shoulders). Shampoo ini mengandung antibakteri dan antijamur, dimana dapat mengatasi jamur pada kulit kepada dan dermatitis seborrheic.
2. Tar-based shampoos (seperti Neutrogena T/Gel).
3. Shampoos mengandung asam salisilat (seperti Ionil T). Shampoo ini dapat menghilangkan sisik di kulit kepala, namun dapat membuat kulit kepada menjadi kering. Sebaiknya setelah menggunakan produk ini dipakai conditioner.
4. Selenium sulfide shampoos (seperti Selsun Blue). Menekan pertumbuhan jamur malassezia.
5. Ketoconazole shampoos (seperti Nizoral). Ketoconazole adalah antijamur berspektrum luas.

Penggunaan shampo di atas ini sebaiknya dipakai setiap hari atau selang seling sehari sampai ketombe anda terkontrol, kemudian dilanjutkan 2 – 3 kali seminggu (dapat juga dilakukan kombinasi 2 shampoo yang dipakai bergantian). Pijat rambut kepala pada saat keramas dan didiamkan sekitar 5 menit.

Pemakaian selsun seharusnya jangan dihentikan sebelum keluhan anda hilang. Jika dengan cara demikian masih belum teratas, harus berobat ke dokter untuk mendapatkan shampo yang lebih keras dan pengobatan dengan steroid lotion yang membutuhkan resep dokter.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,      

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar