Sukses

Ada Benjolan Merah dan Nyeri

27 Aug 2015, 15:56 WIB
Wanita, 26 tahun.

Salam kenal dok. sudah beberapa kali saya mengalami luka dikulit seperti cacar beda nya itu tumbuh tidak banyak seperti layak nya cacar. kadang hanya berupa benjolan merah seperti bisul sakit jika ditekan. apabila luka itu kering kadang meninggalkan noda hitam bulat ada juga yg putih seperti polkadot. jujur saya belum pernah menanyakan ini ke dok.spesialis kulit, hanya berobat ke klinik saja dan kata nya itu alergi. mohon pencerahan nya ya dok. terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Sebenarnya sangat sulit bagi kami untuk menjawab pertanyaan Anda dengan informasi yang sangat minim. Ada beberapa pertanyanan yang kami butuhkan agar bisa membantu menyelesaikan permasalahan Anda karena keluhan benjolan merah yang Anda maksudkan merupakan gejala beberapa penyakit kulit seperti:

  • Penyakit Kulit Rosacea

Rosacea adalah salah satu jenis penyakit kulit yang menyerang setidaknya 45 juta orang di dunia. Pada umumnya, rosacea lebih cenderung menyerang orang berkulit putih (bule). Ciri cirinya adalah berupa bercak bercak merah, bintik bintik kecil kemerahan dengan jumlah yang banyak pada wajah, seperti di kening dan pipi. Gejala ini kerapkali muncul sesekali atau permanen. Gejala yang muncul sesekali umumnya terjadi pada saat seseorang yang berkulit sensitif tersebut mengalami perubahan emosi, seperti malu, marah, sedih, lelah, bersemangat, dsb). Kendati Rosacea ini tidak menular dan tidak berbahaya, namun hingga saat ini belum ditemukan penyebab munculnya penyakit kulit yang satu ini. Selain itu, Rosacea juga tidak dapat disembuhkan.

  • Penyakit kulit Seborrhea

Barangkali nama ini belum pernah terdengar oleh anda. Penyakit kulit ini umumnya menyerang kulit dengan ciri ciri berupa bercak merah, ruam ruam agak kasar pada bagian bagian kulit seperti: kulit kepala, wajah hingga alat reproduksi. Penyakit ini dapat dicegah dengan senantiasa menjaga kebersihan kulit setiap saat. Bila anda jarang menggunakan sabun pada saat mandi akan memperbesar resiko terserang penyakit kulit yang satu ini.

  • Penyakit Kulit Eczema

Penyakit ini sering menyerang bayi dan anak kecil dibawah 5 tahun. Bisa juga disebabkan oleh faktor genetika / keturunan. Gejala Eczema umumnya berupa bercak bercak merah yang menimbulkan rasa gatal pada kulit bagian leher, siku tangan, lutut, kaki, badan. Penyakit kulit Eczema bisa juga dipicu oleh pemakaian bahan bahan kosmetik, sabun, deterjen, parfum, kalung / gelang yang tak cocok dengan sensitivitas kulit. Bahkan untuk kasus yang parah, Eczema dapat dipicu oleh stress dan perubahan suhu sekitar yang tak mampu diadaptasi oleh kulit.

  • Kanker Kulit

Kanker kulit mempunyai ciri khas berwarna merah gelap kemerahan dengan bercak yang tak dapat hilang. Umumnya dipicu oleh sinar matahari, radiasi, bekas luka bakar, pengendapan darah menahun, transplansi organ, faktor genetika, dsb. Penderita kanker kulit didunia diprediksi sekitar 1 juta orang di seluruh dunia. Diperlukan penanganan khusus untuk penyakit yang satu ini.

  • Penyakit Kulit Psoriasis

Penyakit kulit yang satu ini memang tidak menular, tetapi cukup sering menyerang kulit setiap orang. Ciri ciri Psoriasis adalah munculnya bercak berwarna merah, kering dan cukup tebal. Keberadaan penyakit kulit ini memang kerap dianggap remeh sehingga keberadaannya kerap tidak dipedulikan. Namun bila penyakit ini memburuk, Psoriasis dapat menyerang hampir seluruh punggung, dada, kaki, dll. Dan penyakit ini tak dapat disembuhkan secara total. Namun umumnya akan menghilang ketika penderita tinggal di lokasi tempat yang bersuhu lebih hangat.

Kami sarankan Anda segera berkonsultasi ke Dokter Kulit agar bisa mendapatkan terapi karena penyakit kulit harus langsung dilihat agar terapinya tepat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar