Sukses

Bintil Putih Pada Bibir, Bisul Dan Panu

28 Aug 2015, 09:28 WIB
Pria, 19 tahun.

assalamualaikum dok... saya ingin bertanya saya mempunyai keluhan kulit saya rentan sekali terkena penyakit kulit seperti panu&bisul; ketika di obati sembuhnya hanya sesaat dok,,,nanti sekitar beberapa bulan balik lagi oh ya dok bibil saya bagian atas juga di penuhi bintik2 putih,itu apa penyebab nya dok,,,? apa bisa di obati..? satu lagi dok di usia saya yang sekarang ini apakah tinggi badan saya bisa bertambah..? saya sekaran umur 19th dan tb 157 terimakasih sebelumnya dok wasalamualaikum

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com. 

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Kami akan menjawab pertanyaan anda satu persatu:

1. Pada bagian bibir atas dipenuhi bintil bintil putih.

Bintil putih ini disebut juga dengan Fordyce's spot yang mana bintil ini tidak nyeri, sedikit menonjol pucat, bisa merah atau putih  yang berukuran diameter 1-3 mm yang dapat terlihat di bibir atas, batang penis pria ataupun pada bibir vagina wanita.  Bintik tersebut merupakan bentuk dari kelenjar sebasea ektopik; kelenjar sebasea sendiri umumnya ditemukan dalam hubungannya dengan folikel rambut.

Kondisi ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan karena keadaan ini tidak berhubungan dengan adanya suatu penyakit tertentu, meskipun terkadang menimbulkan permasalahan kosmetik saja. Kebanyakan pria merasa khawatir mengenai penampilan penis mereka dan tanggapan dari pasangan mereka nantinya.

Fordyce's Spot sendiri dapat ditangani dengan laser CO2 untuk dihilangkan. Namun, karena kondisi ini sebenarnya tidak membahayakan, maka biasanya dokter lebih menganjurkan untuk tidak melakukan tindakan apapun.

2. Dapatkah tinggi badan saya bertambah?

Perlu diketahui bahwa penambahan tinggi badan dapat dilakukan apabila lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat usia pubertas dan baru akan menutup pada usia 20-21 tahun. Namun menutupnya lempeng pertumbuhan harus dibuktikan dengan foto rontgen di beberapa area tulang.

Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu genetik (keturunan), gizi, dan lingkungan. Genetik dalam hal ini adalah tinggi badan kedua orangtua.

Rumus memperkirakan tinggi anak berdasarkan tinggi orangtuanya adalah :

  • Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

  • Anak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cm

Dari faktor gizi yang diperlukan tentu saja protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel yang diikuti oleh gizi seimbang dari sumber lainnya. Sedangkan lingkungan dalam hal ini berarti adalah olahraga untuk melancarkan aliran darah dan membantu metabolisme agar berjalan dengan baik (seperti berenang, berlari, dan jenis aerobik).

3. Sering terkena panu dan bisul

Panu atau pitiriasis versikolor adalah infeksi ringan yang sering terjadi disebabkan oleh Malasezia furfur. Penyakit jamur kulit ini adalah penyakit koronis yang ditandai oleh bercak putih sampai coklat yang bersisik. Kelainan ini umumnya menyerang badan dan kadang- kadang terlihat di ketiak, sela paha,tungkai atas, leher, muka dan kulit kepala. 

Kelainan kulit pitiriasis versikolor ditemukan terutama di punggung, dada, leher dan lengan walaupun dapat terjadi di bagian tubuh lain. Pada anak-anak, terkadang dapat timbul di daerah wajah. Timbul bercak putih atau kecoklatan yang kadang-kadang gatal bila berkeringat. Bisa pula tanpa keluhan gatal sama sekali, tetapi penderita mengeluh karena malu oleh adanya bercak tersebut. Pada orang kulit berwarna, kelainan yang terjadi tampak sebagai bercak hipopigmentasi (warna kulit lebih terang dibanding kulit sekitarnya), tetapi pada orang yang berkulit pucat maka kelainan bisa berwarna kecoklatan ataupun kemerahan. Di atas kelainan kulit tersebut terdapat skuama (sisik halus).

Pengobatan harus dilakukan menyeluruh, tekun dan konsisten. Kebanyakan pengobatan akan menghilangkan bukti infeksi aktif (skuama) dalam waktu beberapa hari, tetapi untuk menjamin pengobatan yang tuntas pengobatan ketat ini harus dilanjutkan beberapa minggu. Perubahan pigmen lebih lambat hilangnya. Daerah hipopigmentasi belum akan tampak normal sampai daerah itu menjadi coklat kembali. Sesudah terkena sinar matahari lebih lama daerah-daerah yang hipopigmentasi akan coklat kembali. Meskipun terapi nampak sudah cukup, bila kambuh atau kena infeksi lagi merupakan hal biasa, tetapi selalu ada respon terhadap pengobatan kembali. Jika Anda mudah berkeringat, Anda harus segera mengganti pakaian yang basah agar tidak semakin lembab dan memperbanyak jamur di kulit.

Obat-obat anti jamur yang dapat menolong misalnya salep whitfield, salep salisil sulfur (seperti obat yang Anda sebutkan), salisil spiritus, tiosulfatnatrikus (25%). Obat-obat baru seperti selenium sulfida 2% dalam shampo, derivate imidasol seperti ketokonasol, isokonasol, toksilat dalam bentuk krim atau larutan dengan konsentrasi 1-2% sangat berkhasiat baik. Sabun yang mengandung sulfur atau belerang bisa membantu mengurangi keluhan Anda, karena kandungan mineral yang tinggi pada belerang dapat sebagai anti jamur.

Obat yang Anda sebutkan memang bermanfaat untuk  mengobati panu. Namun perlu dipastikan terlebih dahulu apakah memang benar kelainan kulit tersebut merupakan panu atau tidak. Karena jika terasa panas atau perih di kulit, dikhawatirkan telah terjadi iritasi dan pemakaian harus dihentikan. Oleh karena itu, kami menyarankan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan lebih lanjut dikarenakan dalam menentukan diagnosis penyakit kulit perlu dilakukan anamnesa, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang lengkap.

Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

 

Pada umumnya bisul dimulai sebagai memerah, daerah tender. Seiring waktu, daerah itu menjadi tegas, keras, dan lembut. Akhirnya, pusat mendidih lembut dan menjadi penuh dengan melawan infeksi sel darah putih dari aliran darah untuk membasmi infeksi. Ini kumpulan sel darah putih, bakteri, dan protein dikenal sebagai nanah. Akhirnya, nanah dapat operasi dibuka atau secara spontan mengalir keluar melalui permukaan kulit.

Obat untuk mengobati bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah antibiotik yang diberikan atas pengawasan dokter, antibiotik tersebut bisa berupa topikal (dioleskan) ataupun oral (tergantung jenis furunkel). Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar