Sukses

Onani Dapatkah Disembuhkan?

27 Aug 2015, 15:25 WIB
Pria, 23 tahun.

sore dok, saya ingin bertanya kenapa ya dok dari semenjak saya baligh yaitu mulai umur 13 tahun sampai dengan sekarang libido saya sangat tinggi, sehingga hampir tiap minggu saya melakukan onani! apa ada masalah ya dok dalam diri saya? saya sudah mencoba untuk menghindarinya dengan berolahra dan mengisi waktu saya dengan banyak kegiatan tp tetap tidak bisa dok, paling lama sampai 1 bulan saya bisa bertahan menahan nafsu saya. sepertinya dorongan nafsu saya begitu kuat dok? apakah itu penyakit dok? ataukah masih normal. terima kasih dok

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Onani atau masturbasi merupakan suatu perangsangan seksual pada alat kelamin yang sengaja dilakukan untuk mendapatkan kepuasan seksual. Kebiasaan melakukan masturbasi bukanlah hal yang positif oleh karena itu kami tidak menganjurkan hal tersebut, terlebih jika dilakukan dengan frekuensi yang sangat sering.

 

Efek dari kebiasaan melakukan masturbasi lebih condong kepada masalah psikis dimana timbul pikiran terus-menerus untuk melakukan masturbasi. Selain itu, tindakan masturbasi juga dapat menyebabkan perlukaan dan peningkatan risiko infeksi pada kemaluan akibat penggunaan benda-benda yang tidak terjamin kebersihannya. Layaknya hal lain, sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik.

Seseorang dengan kebiasaan terlalu sering masturbasi dapat mengalami:

  • Perubahan pola tidur
  • Stres & depresi
  • Ansietas (kecemasan/panik)
  • Lemas
  • Kurangnya konsentrasi
  • Dan pada akhirnya dapat juga menyebabkan disfungsi ereksi dan impotensi (karena faktor-faktor psikologis tersebut).

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengalihkan keinginan melakukan masturbasi adalah dengan melakukan hal-hal yang lebih positif seperti dengan:

  • Berolahraga
  • Melakukan hobi
  • Berpuasa
  • Beribadah, dan kegiatan positif lainnya.

Hindarilah hal-hal yang memicu anda untuk melakukan masturbasi. Pada dasarnya masturbasi tidak berhubungan dengan kemandulan seorang.  Jika Anda merasa bahwa keluhan masturbasi ini telah menganggu aktivitas Anda, kami sarankan agar Anda dapat memeriksakan diri Anda ke dokter umum terlebih dahulu.

Berikut kami sertakan pula artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar