Sukses

Olahraga Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

27 Aug 2015, 15:40 WIB
Pria, 42 tahun.

Sy mempunyai kadar kolesterol yg tinggi pernah 325, 275, 210, bergantian dgn tligliserid. Diberikan crestor/ lipitor utk obatnya...olah raga apa yg sesuai agar kolesterol sy terjaga normal....saat ini sy melakukan jln cepat setengah jam kl pagi...setiap 2 hr. Terima kasih

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Pada prinsipnya, untuk dapat menurunkan kolesterol diperlukan kombinasi dari pengurangan pemasukan kalori (makanan dan minuman) dan peningkatan pengeluaran kalori (olahraga / meningkatkan aktivitas) dan komitmen yang tinggi untuk melaksanakannya. Kombinasi dari mengatur asupan makanan dan berolahraga tidak hanya akan membuat Anda tampak lebih kurus karena kadar lemak yang berkurang, namun tubuh terlihat lebih kencang karena massa otot yang menggantikan lemak. 

Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti plank, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada berat tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Untuk diet, yang harus Anda lakukan adalah mengurangi jumlah kalori dalam sehari. Tetap usahakan makan 3x sehari hanya saja porsinya yang diatur sesuai dengan kebutuhan kalori Anda. Setiap kali Anda makan ada unsur kabohidrat (roti gandum, kentang), hindari makanan gorengan, minuman dan makanan yang terlalu manis, garam, konsumsi banyak air putih, perbanyak lauk dengan ikan, perbanyak sayur dan buah, hindari makanan dari kaleng atau fast food (sosis, kentang goreng, nugget), hindari jajanan manis (bila lapar, dapat pilih snack berupa buah atau sayur yang manis). Cobalah agar makan pagi Anda selalu disertai oleh buah yang manis. Untuk malam hari hindari makanan yang terlalu besar porsinya. 

Apabila susah melakukan diet sendiri, Anda dapat minta bantuan Dokter Spesialis Gizi untuk mengatur kebutuhan nutrisi Anda dan juga bantuan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga untuk membantu menentukan resep olahraga Anda.

Jika dengan modifikasi gaya hidup, yaitu dengan memperbaiki pola makan dan olah raga tidak dapat menurunkan kadar kolesterol maka diperlukan obat-obatan untuk menurunkan kolesterol. Namun untuk dapat memilih obat yang tepat perlu diketahui terlebih dahulu profil lipid(kolesterol) Anda, jadi kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar