Sukses

Sakit Perut Setelah Sarapan

28 Aug 2015, 08:09 WIB
Wanita, 15 tahun.

Dok kenapa ya saya kalau habis sarapan, saya selalu sakit perut?? Dan di dalam perut saya seperti sedang dia aduk-aduk

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah Anda hanya mengalami sakit perut ketika sarapan? Ataukah Anda juga mengalami sakit perut setelah makan siang dan malam?

Jika Anda hanya sakit perut setelah sarapan, apakah Anda mengonsumsi susu ketika sarapan saja? Jika ya, kemungkinan Anda mengalami intoleransi laktosa atau alergi susu sapi.

Jika Anda mengalami sakit perut setelah makan pagi, siang, atau malam, kemungkinan Anda mengalami ulkus peptikum. Nyeri yang timbul setelah makan biasanya disebabkan oleh ulkus duodenalis (usus dua belas jari).

Ulkus peptikum adalah perlukaan terbuka pada lapisan lambung atau usus dua belas jari (duodenum). Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan ulkus peptikum, diantaranya adalah merokok, stres, faktor genetik, dan  dapat disebabkan oleh bakteri (misalnya Helicobacter pylori) atau obat-obatan yang menyebabkan melemahnya lapisan lendir pelindung lambung dan duodenum sehingga asam lambung bisa menembus lapisan di bawahnya.

Untuk mengetahui dengan pasti penyebab keluhan Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi kepada dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar