Sukses

Hasil Tes Papsmear

28 Aug 2015, 08:52 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat siang,mohon bantuannya membaca hasil pap smear. Bahan : pap smear kwalitas dari smear : bàik Komentar : sediaan terdiri dari sel superfisial banyak,sel intermediate sedang,sel endocervix sedang,sel parabasal sedikit dan squamous metaplasi sedang. Tampak sel epitel reaktif . Latar belakang terdiri dari PMN sedang, histiosit dan laktobasilus. Tidak tampak sel atipik maupun sel ganas. Dx/ : PAP Smear - satisfactory for evaluasion , endocervical/ transformasion zone componen present - negatif for intraepithelial lesion or malignancy ( NILM ) - reactive cellular change assosiated with imflammation Mohon bantuannya. Terimakasih

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Pap Smear adalah pemeriksaan usapan mulut rahim untuk melihat sel-sel mulut rahim (serviks) di bawah mikroskop. Pap Smear merupakan  tes skrining untuk mendeteksi dini perubahan atau abnormalitas dalam serviks sebelum sel-sel tersebut menjadi kanker.

Hasil papsmear anda menyimpulkan belum adanya tanda ke arah kanker untuk saat ini, namun sangat penting untuk di evaluasi di kembali. Jenis-jenis sel yang disebutkan merupakan sel normal yang terdapat didalam leher rahim. Adanya sel radang polimorfonuklear /PMN mungkin mengindikasikan adanya peradangan di leher rahim (misalnya akibat infeksi seperti servisitis). Adakah gejala keputihan berlebihan? gatal? gejala bau kurang sedap? Bila ya, kemungkinan terdapat infeksi bagian kelamin. Bila tidak ada, maka Anda tidak perlu khawatir dengan hasil sel radang ini, karena gejala yang dirasakan merupakan tanda adanya infeksi yang lebih akurat.

Pap smear dapat dilakukan ulang bergantung kondisi kesehatan Anda dan bergantung hasil pemeriksaan Anda. Secara umum, Pap smear dapat dilakukan 6-12 bulan sekali sebagai tindakan skrining atau Anda juga dapat mempertimbangkan vaksin HPV untuk perlindungan terhadap kanker serviks dan penyakit menular seksual lainnya. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar