Sukses

Kaitan Minum Banyak Dengan Kondisi Tubuh

26 Aug 2015, 13:53 WIB
Pria, 55 tahun.

Salam.... Saya mau tanya dok soal keadaan ayahy saya, Beliau sekarang usianya 55 thn sejak masih muda minumnya selalu berlebihan, kalo kurang minum suka panas semua badannya, begitupun tenaga seperti yang hilang, sulit beraktifitas, karena saking panasnya sampai terlihat merah dikulit terutama di telinga. pernah diperiksakan pada dokter spesialis dalam tapi tidak apa-apa hasilnya. sekarang masih penasaran, itu kenapa ya dok?, terimakasih.

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Perasaan panas merupakan pengukur subjektif, kami sarankan jika ayah anda mengukur suhu tubuhnya pada saat merasa panas untuk mengetahui pengukur objektif apakah rasa panas yang di alami merupakan pengaruh dari dalam tubuh atau dari luar tubuh. Dengan demikian dapat diketahui penyebab objektif dan mendasar dari keluhan rasa panas yang di alami.

Dalam dunia medis, seseorang dikatakan demam jika suhu tubuh yang diukur oleh termometer melebihi 37,50 celsius. Jika suhu tubuh masih normal (36,50-37,0celsius).Demam adalah peningkatan suhu tubuh dalam tingkat yang sepenuhnya terkendali oleh sistem pengaturan suhu tubuh sedangkan hipertermia (suhu tubuh diatas 38,30 celsius)  adalah meningkatnya suhu tubuh di luar kendali sistem tersebut. 

Jika ayah anda mengkonusumsi air putih, pastikan kebutuhan cairannya terpenuhi.Kebutuhan cairan setiap harinya adalah 40 ml per kilogram berat badan. Jika seseorang memiliki berat 50 kg, maka jumlah cairan yang harus diminum setiap harinya adalah 2000 ml atau kurang lebih 8 gelas per hari. Selama Anda tidak memiliki gangguan jantung dan ginjal, sebenarnya minum air putih baik untuk kesehatan. Namun jika sudah terjadi gangguan ginjal dan jantung diperlukan penyesuaian jumlah cairan yang dapat masuk ke dalam tubuh. Pada keadaan di mana air yang diminum jauh berlebihan dari kebutuhan sebenarnya, terkadang dapat menyebabkan penurunan beberapa ion tubuh seperti kadar natrium dan kalium dalam darah.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar