Sukses

Jantung Berdebar-debar

26 Aug 2015, 11:29 WIB
Wanita, 56 tahun.

Assalamualaikum, Dok, data di atas adalah data ibu saya, saya ingin menenyakan, mengapa ibu saya saaat subuh, terkadang jantungnya sering berdebar, perasaan tidak enak dan nafsu makannya berkurang, mohon pencerahannya, terima kasih...

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan ibu Anda adalah debaran jantung tidak normal (terasa lebih kencang dan keras, apakah terasa lebih cepat?). Adakah rasa berdebar-debar, nyeri dada, keluar keringat dingin atau badan yang terasa lemas? Sejak kapan keluhan tersebut dirasakan? Apakah ada kondisi-kondisi tertentu dimana keluhan ini timbul, seperti saat kelelahan atau sedang marah?

Data-data tersebut perlu diketahui karena keluhan tersebut bukanlah keluhan spesifik yang menunjukkan suatu penyakit tertentu.  Keluhan jantung yang berdetak kencang dapat disebabkan oleh berbagai penyebab mulai dari yang ringan yaitu karena aktivitas fisik yang berat,  faktor psikis seperti emosi, gangguan panik atau cemas, hingga masalah atau penyakit yang lebih serius seperti penyakit tiroid atau gangguan pada jantung.

Perasaan tidak enak bisa saja disebabkan oleh angina pektoris (gejala penyumbatan pembuluh koroner jantung) atau sakit maag, atau bisa juga penyakit lainnya.Kami sarankan agar Anda berkonsultasi lagi kepada dokter penyakit dalam untuk mencari kemungkinan penyebabnya. Jika semuanya normal, ibu Anda dapat berkonsultasi kepada psikolog untuk psikiater jika ia mengalami gangguan panik/cemas.

Berikut kami sertakan artikel yang berjudul 6 Cara Cepat Mengatasi Jantung Berdebar yang dapat Anda baca untuk menambah informasi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar