Sukses

Menstruasi Yang Tidak Teratur

26 Aug 2015, 09:33 WIB
Wanita, 32 tahun.

dokter mau tanya kenapa belakangan ini haid saya tdk teratur dlm 1 bln 3 kali sy dpt haid dan jarak berhentinya hanya 2 har stlh itu haid kembali dan baru kali ini saya merasakan sakit pada saat haid & kenapa pada saat saya sls berhubungan badan dgn suami saya sakit keesokan harinya dan baru kali ini saya rasakan dokter penyebabnya apa ya dokter.makasih sebelumnya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Menstruasi yang terus menerus seperti itu dapat saja terjadi pada seorang wanita. Dan hal ini menunjukan adanya ketidaknormalan yang dialami oleh siklus menstruasi bulanannya. Secara umum, siklus menstruasi yang normal terjadi sebulan sekali dengan rentang waktu sekitar 21 – 40 hari sekali dan berlangsung selama 1 – 10 hari. 

Penyebab  seorang wanita mengalami menstruasi secara terus-menerus, Walaupun semua sudah tahu bahwa banyak sedikitnya jumlah darah menstruasi bergantung dari jumlah darah yang rontok pada dinding rahim, namun jika terjadi menstruasinya berlangsung terus-menerus tentu hal ini tidak membuat seseorang nyaman dan merasa khawatir jikalau dirinya bermasalah dengan alat reproduksi. Gejala ini juga sering terjadi pada wanita yang telah berkeluarga dan sang wanita menggunakan alat KB IUD sehingga dapat membuat rahim menjadi semakin membesar. Akibatnya adalah darah akan terus keluar dengan banyak. Penyebab lain dari terjadinya menstruasi secara terus-menerus adalah karena faktor hormon estrogen. Jadi jika darah menstruasi yang keluar banyak maka rahim pun secara otomatis akan menguras darah secara berlebihan dan ini dapat menimbulkan rasa sakit jika terus-menerus terjadi. Namun, bukan berarti seseorang benar-benar mengalami menstruasi panjang karena bisa saja ia mempunyai masalah kesehatan seperti terjadi keputihan berdarah, terdapat luka pada dinding vagina, atau juga karena ada luka polip, atau faktor lainnya. Jadi, perlu pemeriksaan lebih lanjut dan menyeluruh yang dilakukan oleh dokter kebidanan dan kandungan untuk mencari tahu penyebab kenapa seorang wanita mengalami mens terus-menerus.

 

 

Dispareunia (nyeri saat berhubungan intim) ini dapat disebabkan oleh beberapa hal:

  1. Berkurangnya hormon estrogen yang menyebabkan vagina menjadi kering
  2. Kurang 'foreplay' atau 'pemanasan' sehingga lubrikasi (pelicin) pada vagina kurang
  3. Vaginismus atau kontraksi pada otot vagina yang umumnya disebabkan karena trauma atau perasaan takut
  4. Endometriosis atau pertumbuhan endometrium (lapisan rahim) di luar rahim
  5. Infeksi pada vagina
  6. Infeksi pada serviks (mulut rahim) sehingga ketika terjadi penetrasi dalam maka akan timbul rasa nyeri]
  7. Peradangan pada panggul yang dapat diakibatkan oleh infeksi pada saluran reproduksi dan panggul

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,       

    0 Komentar

    Belum ada komentar