Sukses

Teraba Kelenjar Padat Pada Payudara

26 Aug 2015, 11:42 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok apakah normal kelenjar payudara apabila lebih padat/besar sbelah saat di pijat/raba? Saat bercermin saya tdk melihat perbedaan yg signifikan & kelenjar itu dpt di gerak2an. Terimakasih mohon bantuannya.

Ada beberapa penyebab kelenjar di payudara terasa padat. Bisa karena hormon, bisa juga terdapat masa atau tumor di payudara. Untuk mengetahui lebih jelas tentang ciri ciri tumor payudara lebih lengkapnya, berikut penjelasannya.

  1. Benjolan di Sekitar Payudara

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ciri yang paling umum adalah timbulnya benjolan di sekitar payudara dan sekitar ketiak. Nah, ciri inilah yang harus Anda waspadai sejak awal sebagai ciri atau gejala awal penyakit kanker atau tumor payudara ini. Meskipun tidak 100 persen menandakan kanker tersebut, namun Anda harus tetap waspada. Apalagi jika benjolan tersebut terasa sakit dan cukup mengganggu. Beberapa gejala tumor payudara yang kmungkinan besar menandakan bahwa itu adalah gejala kanker atau tumor, biasanya benjolan akan terasa keras. Benjolan tersebut juga akan berlokasi tetap dan tidak akan berpindah-pindah. Biasanya juga hanya ada satu benjolan saja dan tidak akan muncul di payudara yang lain, dan terkadang akan keluar cairan dari benjolan tersebut.

  1. Ukuran dan Bentuk Payudara Berubah

Ciri ciri tumor payudara yang kedua biasanya akan membuat ukuran serta bentuk payudara Anda berubah. Kondisi ini hanya akan terjadi pada salah satu payudara saja, dan ciri ini harus sangat Anda waspadai. Segera periksakan ke dokter apabila Anda merasakan ukuran payudara Anda menyusut tanpa adanya sebab lain seperti penurunan berat badan misalnya. Bentuknya terkadang juga berubah, bentuk yang tadinya menonjol ke depan, bisa jadi lemas seperti terjatuh ke bawah. Namun terkadang perubahan ukuran ini juga bisa terjadi pada kedua payudara, sebelah kanan dan kiri.

  1. Kerutan di Payudara

Ciri yang lain adalah munculnya kerutan di sekitar payudara. Meskipun secara umum kerutan ini memang akan terjadi pada orang yang sudah tua, akan tetapi meskipun Anda masih muda payudara Anda juga bisa berkerut apabila Anda terkena kanker atau tumor payudara. Gejala ini biasanya hanya terjadi pada bagian tertentu di sekitar payudara. Untuk kulit yang normal, biasanya tidak ada kerutan-kerutannya dan permukaan payudara cenderung rata dan terasa halus. Akan tetapi jika tumor payudara ini muncul, biasanya Anda akan merasakan kerutan-kerutan di permukaannya. Sehingga kulit payudara ini akan teraa lebih kasar dan biasanya akan memunculkan warna yang menghitam.

  1. Keluar Cairan dari Puting

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, salah satu ciri ciri tumor payudara di awal adalah secara tiba-tiba akan keluar cairan dari puting Anda. Bahkan ketika Anda sedang tidak menyusui. Dan jika Anda mengalami kondisi ini, lebih baik segera periksakan kesehatan Anda, karena ini adalah salah satu ciri awal yang sangat diwaspadai. Cairannya biasanya berupa cairan kental dan terkadang encer. Warnanya terkadang berwarna putih atau tidak berwarna (bening). Terkadang cairan yang muncul juga bisa berupa cairan berwarna mirip darah. Dan jika cairan yang keluar dari puting sudah berwarna seperti darah, bisa diperkirakan bahwa kanker atau tumor yang Anda derita masuk dalam kategori yang lebih parah.

  1. Rasa Nyeri yang Terus Menerus di Payudara

Ciri ciri tumor payudara yang kelima adalah rasa nyeri di bagian payudara. Rasanya bisa diperkirakan seperti ketika Anda mengalami menstruasi atau ketika Anda hamil. Rasa sakit tersebut isa menghilang dengan sendirinya, akan tetapi terkadang nyeri tersebut akan terus Anda rasakan. Nah, untuk mengetahui apakah rasa nyeri tersebut adalah gejala tumor payudara atau bukan, periksa bagian yang terasa sakit tersebut. Jika rasa sakitnya terletak pada posisi yang sama sejak awal. Kemungkinan besar itu adalah pertanda tumor atau kanker payudara. Untuk mengatasi rasa nyerinya, Anda bisa mengoleskan minyak gosok, lalu segera periksakan ke dokter supaya mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Untuk mendapatkan jawaban yang pasti tentang keluhan Anda sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan Dokter Penyakit Dalam untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,      

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar