Sukses

Nyeri Saat Kencing

25 Aug 2015, 19:40 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok saya mau tanya, anak saya laki laki umur 1th 4bl, kalo kencing tidak lancar, sebelunya sudah le DSA diagnostik phimosis, kemudian konsul ke urologi dibilang tidak apa apa. Tapi sampai skrng setiap kencing tidak lancar. Mohon solusinya.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Ada beberapa penyakit pada anak yang mempunyai gejala sakit saat kencing. Mungkin penyebab tersebut ditimbulkan oleh penyakit Infeksi Saluran Kencing. Apabila anak terkena Infeksi Saluran Kencing biasanya penyakit ini disertai dengan demam dan dapat menimbulkan adanya rasa sakit pada anak ketika sedang buang air kecil. Sekitar 2% anak laki lak dan 8% anak perempuan pernah terkena ISK pada waktu di bawah usia 7 tahun.

Penyebab Infeksi Saluran Kencing adalah karena adanya berbagai macam bakteri yang masuk dan menginfeksi saluran kencing. Saluran kencing adalah suatu saluran pembuangan yang dimulai dari ginjal, ureter, kandung kemih, uretra sampai keluar dari tubuh. Bakteri E.Coli, Proteus, Klebsiella, da Pseudomonas merupakan beberapa bakteri yang sering menyebabkan infeksi saluran kencing.

Untuk mendiagnosis secara lebih tepat terkadang diperlukan beberapa pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, urin ataupun USG. Selain itu biasanya untuk mengetahui adanya bakteri yang terdapat di dalam kandung kemih anak akan dilakukan pemeriksaan labolatorium terhadap urin. Misalnya, pemeriksaan urin rutin maupun kultur (urin disemai di suatu media, lalu di lihat selama 5-7 hari untuk mengetahui ada tidaknya pertumbuhan bakteri, dihitung dari jumlah bakterinya, dilihat jenis bakterinya, serta diamati antibiotika yang sensitif dan mampu membasmi si bakteri tersebut.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,       

    0 Komentar

    Belum ada komentar