Sukses

Sering Pusing dan Sulit Konsentrasi

26 Aug 2015, 18:26 WIB
Pria, 30 tahun.

Docter kepala saya sering pusing, dan susah untuk konsentrasi atau sering seperti orang bingung, sakit apa ini doc. Tanks

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda, dibutuhkan informasi mendetail seperti sejak kapan anda mengalami hal ini?? apakah terdapat keluhan lain seperti mual, muntah? apakah terdapat obat yang telah dikonsumsi? bagaimana dengan waktu tidur dan pola hidup Anda? dan sebagainya.

Sakit kepala diklasifikasikan menjadi dua, yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer terjadi tanpa adanya penyakit yang mendasari, sedangkan sakit kepala sekunder merupakan gejala dari kondisi medis yang lebih serius. Yang termasuk dalam sakit kepala primer adalah sakit kepala tipe tensi (tension-type headache), migrain, dan cluster.

Gambaran klinis sakit kepala tipe tensi seringkali menyerupai migrain, namun sakit kepala tipe tensi tidak disertai aura (kilatan cahaya, mencium bau yang aneh, kesemutan), keluhan mual hingga muntah. Sedangkan sakit kepala tipe cluster umumnya terbatas pada sekitar mata, derajat berat hingga mata merah dan hidung seperti flu.

Sakit kepala dapat diatasi dengan obat-obatan seperti ibuprofen atau asetaminofen, namun konsumsi obat penghilang rasa sakit terlalu sering juga dapat memicu timbulnya sakit kepala kronik.

Keluhan kedua Anda merasakan sulit konsentrasi dan sulit mengingat. Apakah kegiatan Anda sehari-hari? Apakah Anda cukup istirahat? Sulit konsentrasi dan sulit mengingat dapat disebabkan oleh kelelahan, asupan makanan yang kurang, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, tekanan darah rendah. Faktor-faktor tersebut juga dapat menimbulkan keluhan seperti sakit kepala atau pusing.

Kami sarankan Anda memeriksakan diri langsung ke dokter agar dapat dilakukan evaluasi menyeluruh untuk melihat adakah penyakit yang mendasari. Untuk sementara Anda dapat mencoba mengurangi aktivitas agar tidak berlebihan, istirahat yang cukup, makan teratur dengan menu gizi seimbang, banyak minum air putih, dan berolahraga teratur (minimal 3x per minggu). 

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar