Sukses

Penyebab Benjolan di Vagina

27 Aug 2015, 11:02 WIB
Wanita, 22 tahun.

Perkenalkan saya wilda,saya msh gadis. Saya mau tanya dok,, Ada benjolan kecil sperti jerawat dibagian alat vital saya. Benjolan pertama 3 bulan lalu d bagian atas vagina (rambut vagina) terasa kencang dan sakit,ketika bbrapa hari pecah dan mengeluarkan nanah. Benjolan k 2 dibagian bibir vagina yg lembab dan sangat terasa sakit dan perih jika tersentuh dan untuk buang air kecil.sekitar bbrp hari kmdian pecah dan meninggalkan bekas warna coklat kehitaman.saya fikir tidak akan muncul kembali benjolan tersebut krn saya sudah antisipasi menggunakan pembersih vagina(extrax sirih) namun sekitar 3 mnggu kmudian benjolan tersbt ada lg d tempat yg sama sprty benjolan k2. Mohon solusi nya untuk penyakit yg saya alami?apakah termasuk penyakit yg berbahaya/tidak.dan mohon solusi nya untuk penyembuhan nya. Terimakasih

 

Ibu/Saudari yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:  

  1. Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
  2. Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
  3. Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
  4. Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
  5. Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin  
  6. Pembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina.

 

Untuk mengetahui benjolan itu berbahaya atau tidak, diperlukan pemeriksaan ke dokter. Dari pemeriksaan fisik, Dokter akan dapat menduga benjolan tersebut ganas atau tidak. Saran kami adalah Anda memeriksakan diri ke dokter.

 

Semoga keluhan Anda segera teratasi!

 

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF) 

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar